www.lagonlon.com

Tutorial

Rumus Tetapan Kesetimbangan (Kc dan Kp)



Dalam tutorial ini kita akan membahas cara menentukan rumus tetapan kesetimbangan (KC dan KP) suatu reaksi kesetimbangan dari persamaan reaksinya.



Mengenal reaksi kesetimbangan

Reaksi kesetimbangan adalah reaksi yang berlangsung dua arah (bolak-balik). Persamaan reaksi dituliskan dengan menggunakan tanda panah reaksi bolak-balik ().
Reaksi dikatakan telah mencapai kesetimbangan jika laju reaksi ke kiri sama dengan laju reaksi ke kanan.
Reaksi kesetimbangan dikatakan homogen, jika semua zat yang terlibat berada pada fasa yang sama.
Reaksi kesetimbangan dikatakan heterogen, jika zat yang terlibat tidak berada pada fasa yang sama.


Apa itu Fasa Zat..?

Fasa zat, bisa dibilang sama dengan wujud zat.
Perbedaannya, fasa zat terdiri dari 4 macam, sedangkan wujud zat ada tiga macam.
Berikut perbedaan fasa zat dan wujud zat:
Fasa ZatWujud zat
  • padat/solid (s)
  • cair/liquid (l)
  • gas (g)
  • larut dalam air/aqueous (aq)
  • padat/solid
  • cair/liquid
  • gas

Bagian-bagian dalam persamaan reaksi kesetimbangan

Sebelum melanjutkan, mari kita pahami terlebih dahulu bagian-bagian dalam persamaan reaksi. Persamaan reaksi kesetimbangan dapat dituliskan seperti pada contoh berikut:

4 A (s)  +  2 BC2 (l)    4 AC (aq)  +  B2 (g)
(hanya contoh penulisan, bukan reaksi yang sebenarnya)

Berdasar contoh persamaan reaksi kesetimbangan di atas, berikut adalah bagian-bagiannya:

  • panah reaksi()
    membagi persamaan menjadi dua ruas, ruas kiri dan ruas kanan.

  • Zat yang terlibat
    zat yang terlibat dalam persamaan reaksi di atas adalah:
    ruas kiri :  A dan BC2
    ruas kanan :  AC dan B2

  • Koefisien
    koefisien persamaan reaksi pada contoh di atas (berwarna merah) adalah: 4 - 2 - 4 -1, dengan perincian:
    koefisien A = 4
    koefisien BC2 = 2
    koefisien AC = 4
    koefisien B2 = 1
    (dalam persamaan reaksi, koefisien = 1 tidak perlu dituliskan)

  • fasa zat
    fasa zat-zat yang terlibat dalam persamaan reaksi di atas (warna biru) adalah:
    fasa zat A : s (solid/padat)
    fasa zat BC2 : l (liquid/cair)
    fasa zat AC : aq (aqueous/larut dalam air)
    fasa zat B2 : g (gas)


Tetapan kesetimbangan (K)

Tetapan kesetimbangan (K) merupakan konstanta (angka/nilai tetap) perbandingan zat ruas kanan dengan ruas kiri pada suatu reaksi kesetimbangan. Tiap reaksi memiliki nilai K yang khas, yang hanya berubah dengan pengaruh suhu.
Ada dua macam tetapan kesetimbangan, yaitu: KC dan KP.
Perbedaannya:
- KC diukur berdasarkan konsentrasi molar zat-zat yang terlibat.
- KP diukur berdasarkan tekanan parsial gas-gas yang terlibat (khusus fasa gas).

Simbol KC jarang digunakan. Ada beberapa simbol lain untuk KC, sesuai jenis reaksi kesetimbangannya, seperti:
- K, untuk reaksi kesetimbangan secara umum
- Ka, untuk reaksi kesetimbangan asam lemah
- Kb, untuk reaksi kesetimbangan basa lemah
- Kw, untuk reaksi kesetimbangan air (water) dan
- Kh, untuk reaksi kesetimbangan hidrolisis


Rumus tetapan kesetimbangan (KC)

Rumus tetapan kesetimbangan KC secara garis besar merupakan perbandingan (hasil bagi) antara konsentrasi molar ([ ]) zat-zat ruas kanan dengan konsentrasi molar zat ruas kiri yang dipangkatkan dengan koefisiennya.
Karena fasa padat (s) dan cair (l) tidak memiliki konsentrasi, maka kedua fasa ini tidak dilibatkan dalam rumus tetapan kesetimbangan KC (diberi nilai=1).
Perlu diingat:
tanda kurung siku ([  ]) merupakan simbol untuk konsentrasi molar zat.

KC  =  [zat ruas kanan]koefisien
[zat ruas kiri]koefisien

Mari kita perhatikan contoh berikut:

Contoh soal
Menentukan Rumus KC

  1. Diketahui persamaan reaksi kesetimbangan sebagai berikut:
    CaCO3 (s) + 2 H2O (l) Ca(OH)2 (aq) + H2CO3 (aq)
    Tentukan rumus tetapan kesetimbangannya!

    Penyelesaian:

    Koefisien persamaan reaksi: 1 - 2 - 1 -1

    KC  =  [Ca(OH)2]1 x [H2CO3]1
    1 x 1
     
     =  [Ca(OH)2][H2CO3]

    Catatan:
    CaCO3 dan H2O tidak disertakan dalam rumus tetapan kesetimbangan, karena memiliki fasa padat (s) dan cair (l). Masing-masing diberi nilai = 1.



  2. Diketahui persamaan reaksi kesetimbangan sebagai berikut:
    2 S2O3 (g) + O2 (g) 4 SO2 (g)
    Tentukan rumus tetapan kesetimbangan KC untuk reaksi tersebut!

    Penyelesaian:

    Koefisien persamaan reaksi: 2 - 1 - 4

    KC  =  [SO2]4
    [S2O3]2 x [O2]1
     
     =  [SO2]4
    [S2O3]2 [O2]

Rumus tetapan kesetimbangan gas (KP)

Rumus tetapan kesetimbangan KP merupakan perbandingan (hasil bagi) antara tekanan parsial (PX) zat-zat ruas kanan dengan tekanan parsial zat ruas kiri yang dipangkatkan dengan koefisien masing-masing..
Hanya zat yang berfasa gas (g) yang diperhitungkan dalam rumus tetapan kesetimbangan KP.
Zat dengan fasa selain gas (S, l, dan aq) tidak dicantumkan dalam rumus tetapan kesetimbangan, tetapi diberi nilai = 1.

KP  =  (tekanan parsial zat ruas kanan)koefisien
(tekanan parsial zat ruas kiri)koefisien
Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat contoh berikut:

Contoh soal
Menentukan Rumus KP

  1. Diketahui persamaan reaksi kesetimbangan sebagai berikut:
    CO2 (aq) CO2 (g)
    Tentukan rumus tetapan kesetimbangan KP untuk reaksi tersebut!

    Penyelesaian:

    Koefisien persamaan reaksi: 1 - 1

    KP  =  (PCO2)1
    1
     
     =  (PCO2)

    Catatan:
    Rumus KP hanya berlaku untuk zat yang berfasa gas, sehingga CO2 pada ruas kiri (aq) tidak dilibatkan, hanya diberi nilai = 1.



  2. Diketahui persamaan reaksi kesetimbangan sebagai berikut:
    2 S2O3 (g) + O2 (g) 4 SO2 (g)
    Tentukan rumus tetapan kesetimbangan KP untuk reaksi tersebut!

    Penyelesaian:

    Koefisien persamaan reaksi: 2 - 1 - 4

    KP  =  (PSO2)4
    (PS2O3)2 x (PO2)1
     
     =  (PSO2)4
    (PS2O3)2 (PO2)

Menghitung KC

Perhitungan KC dilakukan dalam satuan molar (mol/liter).

Contoh Soal
Menghitung KC

5. Pada suhu tertentu dalam volume 4 liter terdapat masing masing 0,2 mol SO3, 0,4 mol SO2 dan 0,1 mol O2. Jika diketahui reaksi kesetimbangannya:
2 SO2 (g) + O2 (g) 2 SO3
hitunglah nilai Kc dari kesetimbangan tersebut!

Penyelesaian:

Kita sudah mengetahui volume ruang (4 liter), maka kita dapat menentukan molaritas dari tiap zat (mol/liter).
Sebaiknya molaritas jangan langsung dihitung, belakangan saja. siapa tahu bisa dicorat coret...

Kc= [SO3]2
[SO2]2[O2]
 
= (0,2/4)2
(0,4/4)2(0,1/4)
 
= (0,04/16)
(0,16/16)(0,1/4)
 
= 0,04 x 4
0,16 x 0,1
 
= 0,16
0,16 x 0,1
 
= 1
0,1
 
= 10

Jawaban:

Kc = 10


Contoh Soal
Menghitung KP

6. Garam oksalat La2(C2O4)3 dimasukkan dalam bejana 10 liter, dan terurai menurut reaksi:

La2(C2O4)3 (s) La2O3 (s) + 3 CO (g) + 3 CO2 (g)

pada suhu tetap. Jika pada keadaan setimbang tekanan total = 0,4 atm, tentukan nilai Kp..!

Penyelesaian:

  • Persamaan reaksi sudah setara.
    Jumlah mol garam oksalat yang terurai tidak diketahui.
    Untuk mennetukan nilai Kp, hanya fasa gas (g) yang diperhitungkan.
    Kita umpamakan garam oksalat yang terurai sebesar a mol.

  • Tabel stoikiometri untuk kesetimbangan tersebut adalah:

    La2(C2O4)3 (s) La2O3 (s)+ 3 CO (g) + 3 CO2 (g)
    Mula-mula: ..? - - -
    Terurai: a a 3a 3a

    Setimbang: ..? a 3a 3a


  • Jumlah mol gas gas pada keadaan setimbang:
    mol gas CO= 3a mol
    mol gas CO2= 3a mol
    mol gas total= 6a mol

  • Catatan:
    La2(C2O4)3 merupakan zat berfasa padat (s=solid),
    sehingga tidak memiliki tekanan parsial gas.
    Jumlah mol La2(C2O4)3 tidak perlu diketahui.


  • Menghitung tekanan parsial gas CO
    PCO=(mol CO/mol total) x Ptotal
    =(3a/6a) x 0,4 atm
    =0,2 atm


  • Menghitung tekanan parsial gas CO2
    PCO2=(mol CO2/mol total) x Ptotal
    =(3a/6a) x 0,4 atm
    =0,2 atm


  • Menghitung nilai Kp
    Kp=(PCO)3(PCO2)3
    =(0,2)3 x (0,2)3
    =1,6 x 10-5



Jawaban:

Kp = 1,6 x 10-5


Contoh soal
Penurunan Rumus Konversi KC - KP

7. Bagaimanakah penurunan rumus konversi Kc dan Kp..?

Jika diketahui persamaan reaksi kesetimbangan :

a X (g) b Y (g) + c Z (g)



Penyelesaian:

Rumus tetapan kesetimbangan (Kc dan Kp) untuk persamaan tersebut adalah:
Kc = [Y]b[Z]c
[X]a
.............................. (1)

dan

Kp = (PY)b(PZ)c
(PX)a
.............................. (2)

Keterangan:
[ ] = molaritas zat (mol/liter)
P = tekanan parsial gas (atm)
a, b, c = koefisien persamaan reaksi

Kita dapat menurunkan persamaan baru untuk menghubungkan besaran Kc dan Kp.
Kita mulai dengan meninjau persamaan gas ideal:

PV = nRT
 
P = nRT
V
.............................. (3)

karena n/V merupakan konsentrasi molar (mol/liter), maka persamaan (3) dapat ditulis sebagai:

P = MRT   atau   P = [ ]RT .............................. (4)

dimana:
P = tekanan gas (atm)
V = volume gas (liter)
n = jumlah mol gas
R = tetapan gas ideal (= 0,082 L atm/mol K)
T = suhu (K)
[ ] atau M = molaritas zat (mol/liter)

Kita substitusikan persamaan (4) kedalam persamaan (2):

Kp = (PY)b(PZ)c
(PX)a
 
Kp = ([Y]RT)b([Z]RT)c
([X]RT)a
 
Kp = [Y]b[Z]c
[X]a
(RT)(b+c-a).............................. (5)

Bagian berwarna merah pada persamaan (5) merupakan rumus Kc seperti pada persamaan (1), sehingga bisa kita tulis ulang menjadi:

Kp = KC (RT)(b+c-a).............................. (6)

(b+c-a) merupakan selisih koefisien persamaan reaksi (kanan dikurang kiri). Kita menggunakan simbol Δn untuk menyatakan selisih koefisien persamaan reaksi. sehingga kita dapat menulis ulang persamaan 6 menjadi:

Kp = KC (RT)Δn.............................. (7)

Demikian.. kita telah menurunkan persamaan hubungan Kc dan Kp.

Perlu diperhatikan, disini kita menggunakan simbol n untuk 2 besaran yang berbeda.
Pada persamaan gas ideal, simbol n digunakan untuk menyatakan jumlah mol gas.
Di bagian akhir penurunan rumus ini, kita menggunakan simbol Δn sebagai selisih koefisien reaksi.


Contoh Soal
Menghitung KP dari KC

8. Diketahui reaksi kesetimbangan:

N2O4 (g) 2 NO2 (g)


Pada suhu 300 K, reaksi di atas memiliki KC = 0,3 mol/L.
Jika R = 0,082 L atm/mol K,
maka harga KP pada suhu 300 K untuk reaksi di atas adalah ....

Penyelesaian:

Konversi KC - KP, hanya dapat dilakukan untuk zat berfasa gas (g).

Dik.T=300 K
R=0,082 L atm/mol K
KC=0,3 mol/L
nkanan=2
nkiri=1

Dit.KP=...?

Jwb.Δn=nkanan - nkiri
=2 - 1
=1
 
KP=KC (RT)Δn
=0,3 mol/L x (0,082 L atm/K x 300 K)1
= 0,3 mol/L x 0,082 L atm/mol K x 300 mol K
= 7,38 atm

Keterangan :
T=Suhu mutlak (Kelvin)
R=Tetapan gas ideal
KC=Tetapan kesetimbangan berdasarkan konsentrasi
nkanan=jumlah koefisien zat berfasa gas di ruas kanan
nkiri=jumlah koefisien zat berfasa gas di ruas kiri
Δn=nkanan - nkiri

Jawaban: KP = 7,38 atm





Kuis

Klik link berikut untuk mengikuti kuis/latihan soal:









Catatan:

Mohon dimaklumi, jika materi dalam tutorial ini dirasa kurang lengkap dan menyeluruh.
Tutorial ini dibuat sebagai fitur bantuan bagi peserta dalam mengerjakan mata kuis di www.lagonlon.com.
Namun demikian, penyajian yang mudah dipahami merupakan tujuan utama kami.
Masukan dari anda, akan sangat membantu kami dalam melakukan perbaikan.
Terimakasih atas kunjungan anda.


Tuliskan pesan/komentar baru





#57


Mei rahayu n
(22/10/20 pukul 08:44:46)

Tentukan reaksi berikut termasul homogen atau heterogen a.2h2(g)+o2(g)=2h2o(g)





#56


Putri Nasita
(21/10/20 pukul 11:54:05)

Jika reaksi CO(9)+H2O(9)=CO2(9)+H2(9) Mempunyai nilai KC=9 Hitunglah nilai KC untuk reaksi A.CO2(9)+H2(9)=CO(9)+H2O(9) B.3CO(9)+3H2O(9)=3CO2(9)+3H2(9)





#55


icha
(19/10/20 pukul 13:13:58)

1) tentukan persamaan Kp untuk persamaan reaksi berikut ini : NH4NO3(l) =(ini panah reaksi ya) N2O(g) + 2H2O(g) 2) tentukan Kc pada suhu 27 derajat celcius jika diketahui : N2(g) + 3H2(g) =(ini panah reaksi juga) 2NH3(g) dan Kp 1,76 x 10 pangkat -4





#54


Sultan
(08/10/20 pukul 15:05:49)

Kak kalau soalnya begini itu bagaiamana ya Tetapan kesetimbanagan untuk reaksi PCI5 PCI3 + CI2 Pada suhu 769 K adalah 0.025. jika konsentrasi awal PCI5 0,1 Mol . Tentukan konsentrasi CI2? Mohon bantuannya Kak🙏


Sultan
(08/10/20 pukul 15:07:33)

Kak itu Reaksi nya PCI5 PCI3+CI2 ya


nugnug
(11/10/20 pukul 15:10:02)

Jawab = 0,039 M
Penyelesaiannya bisa dilihat disini:





#53


Iik
(04/10/20 pukul 15:45:22)

Tentukan nilai kp dari 1/2N2 + 3/2H2 NH3 Bagaimana caranya kak bingung


nugnug
(04/10/20 pukul 23:41:41)


1/2 N2 (g) + 3/2 H2 (g) NH3 (g)

Karena tidak ada nilai apapun yang diketahui, maka hanya bisa dicari rumus (persamaan) KP saja, yaitu:

KP = PNH3
(PN2)1/2 (PH2)3/2


atau bisa diubah bentuknya, agar lebih mudah dalam perhitungannya, misalnya:

KP = (PNH3) (PN2)2 (PH2)2
(PH2)3





#52


Athi
(14/09/20 pukul 19:48:40)

Yang soal nomor 6, kok 10 literny g dipake? (Cuma nanya)


nugnug
(27/09/20 pukul 11:18:36)

Karena sudah ada tekanan total, dan kita menghitung KP.
Kalau kita menghitung KC, baru volume 10 liter digunakan.





#51


Maul
(05/06/20 pukul 09:59:28)

Mantap slurrr


nugnug
(13/06/20 pukul 12:52:15)

ok





#50


Sarah
(17/05/20 pukul 10:33:17)

Apakah mungkin dalam beberapa kasus nilai Kc itu negatif?


nugnug
(20/05/20 pukul 03:11:01)

sepertinya tidak mungkin.
Nilai molaritas zat dalam keadaan setimbang tidak pernah negatif.
Kc selalu bernilai positif (tidak bisa bernilai nol atau negatif).





#49


Tia Wulandari
(31/03/20 pukul 00:29:02)

Bagaimana kalau delta n nya -1 kak? Apa ttp dipangkatkan -1? Jadi, hasilnya bakalan 1 per ya?


nugnug
(31/03/20 pukul 18:51:26)

iya





#48


Angel
(18/03/20 pukul 04:53:06)

Terimakasih


nugnug
(18/03/20 pukul 10:44:26)

siip





#47


Agus
(11/03/20 pukul 05:07:17)

Cari soal per sub soal, misal mencari suhu, tekanan, mol, btw sangat membantu. Trims.


nugnug
(11/03/20 pukul 19:04:09)

terima kasih masukannya. sama-sama





#46


Manda
(12/02/20 pukul 18:27:14)

Knp yg masuk kedalan kesetimbangan itu (g) dan(aq) bukan (s) dan(e)?


nugnug
(14/02/20 pukul 18:39:17)

karena fasa padatan (s) dan cairan/liquid (l) tidak memiliki konsentrasi molar.





#45


Joseph
(06/02/20 pukul 08:53:45)

Setelah disetarakan Rumus tetapan kesetimbangan untuk reaksi Fe2O3 + CO = Fe + CO adalah


nugnug
(07/02/20 pukul 13:11:34)

Fe2O3 + 3 CO 2 Fe + 3 CO2





#44


Karina
(06/02/20 pukul 08:50:49)

Ayam goreng pake paha





#43


Widi
(26/01/20 pukul 08:37:32)

Perhatikan reaksi berikut:CH4+H2O=CO+3H2.Jika 1 mol CH4 dicampur dengan 1 mol H2O dan pada kesetimbangan terdapat 0,2 mol CH4,tetapan kesetimbangan reaksi diatas adalah......tolong bantu ya :)


nugnug
(02/02/20 pukul 11:40:15)

Jika volume wadah = 1 liter,
maka KC = 276,48
Penyelesaiannya bisa dilihat disini:





#42


Dabid
(11/01/20 pukul 16:22:49)

Kc = (so2)2 (O2)3 minta jawaban nya





#41


Radit
(07/01/20 pukul 07:07:49)

Unch





#40


😇😇
(06/12/19 pukul 01:40:01)

😘😘😘





#39


Aulia
(03/12/19 pukul 09:53:40)

5 ch reaksi yang dapat di tuliskan terapan keseimbangan


Aulia
(03/12/19 pukul 09:55:47)

5 ch kesetimbangan


nugnug
(11/12/19 pukul 18:37:07)

Bisa dilihat disini:





#38


Erika
(28/11/19 pukul 04:38:33)

Makasih, tutornya sangat membantu saya dalam belajar kimia tentang kesetimbangan


nugnug
(29/11/19 pukul 19:38:10)

sama sama





#37


Sarlota
(19/11/19 pukul 22:24:44)

Mengapa kalau kita tanya (g),(aq) dan kc tidak keluar ? Yang keluar hanya nc saja.jelaskan!


adrian
(10/12/19 pukul 15:13:05)

gak usah ngegas dong... pake tanda seru segala


#36


Unknown
(19/11/19 pukul 13:47:49)

Sangat membantu terima kasih


nugnug
(19/11/19 pukul 21:46:11)

sama-sama


#35


Intan
(15/11/19 pukul 20:44:10)

Ini cara nyelesainnya gimana Pada suhu dan folume tertentu Hi (g) terurai menjadi H2 f (g) dan I2 (g) jika tekanan total gas setelah keseimbangan tercapai adalah 1 atm dan derajat disosiasi 0,4 tentukan kp


nugnug
(19/11/19 pukul 23:14:25)

KP = 1/9
Pembahasannya dapat dilihat disini:


#34


Jibz
(14/11/19 pukul 04:05:57)

Sangat membantu ntrims


nugnug
(14/11/19 pukul 16:39:32)

sama-sama


#33


Amel
(12/11/19 pukul 21:01:45)

Ada gk ch soal nyari kp tapi yang hitungannya


nugnug
(13/11/19 pukul 21:50:03)

Kuisnya dapat dilihat disini:


#32


MFR
(09/11/19 pukul 23:44:21)

Mau nanya nih, misal di dalam reaksi ada fase (aq) dan (g) misal yg ditanya itu Kc nya, itu yg dimasukin ke Kc keduanya atau gas nya saja?


Widianti
(11/11/19 pukul 20:33:53)

Menurut penjelasan guru saya ,kalo mau nyari Kc yang dimasukin adalaah aq dan g


nugnug
(13/11/19 pukul 21:41:45)

iya, aq dan g boleh dihitung bersama.


Sarlota
(19/11/19 pukul 22:21:27)

Sama- sama


#31


fadd
(09/11/19 pukul 21:48:08)

Terimakasih!


nugnug
(13/11/19 pukul 21:07:57)

sama-sama


#30


Yaya
(08/11/19 pukul 17:51:18)

Terima kasih


nugnug
(09/11/19 pukul 15:18:40)

sama sama


#29


Kasidah padang
(29/10/19 pukul 16:43:44)

Terimakasih atas bantuanya Karena saya menjadi lebih mudah mengerti.


nugnug
(29/10/19 pukul 20:19:13)

sama sama


#28


M.nur mardianto
(29/11/18 pukul 09:50:45)

Kc itukan dibagi garis baginya tolong dilihatkan, lalu KP rumus KP = Kc (RT)^n


nugnug
(14/05/19 pukul 23:21:38)

Terimakasih masukannya.
Untuk konversi KP ke KC, rencananya akan dibuat tutorial terpisah (karena kuisnya juga terpisah).
Perlu dimaklumi, tutorial ini dibuat sebagai bantuan untuk kuis yang ada di lagonlon. Sehingga pembahasannya terbatas.


#27


mirna
(21/11/18 pukul 21:57:40)

tuliskam rumus hukum kesetimbangan kp dan kc untuk reaksi berikut a PCL5(g)_ PCL3(g)+ CL2(g)


nugnug
(14/05/19 pukul 23:34:57)

Untuk reaksi:
PCl5 (g) PCl3 (g) + Cl2 (g),
maka:

KC = [PCl3][Cl2]
[PCl5]
 
 
KP = (PPCl3) (PCl2)
(PPCl5)


#26


Roynol
(24/10/18 pukul 08:26:08)

jika tetapan kesetimbangan untuk reaksi A+B C dan dibagi 2A+B berturut turur ialah 4 dan 8. harga tetapan kesetimbangan kc bagi reaksi C+D 2B..? mohon caranya


nugnug
(18/05/19 pukul 08:53:55)

sepertinya data yang diberikan masih kurang (diketahuinya). Tiba-tiba muncul muncul D (ditanyakan)


#25


Isom
(19/10/18 pukul 07:46:19)

Penemu hukum tetapan kc dan kp itu siapa


Blame
(23/11/18 pukul 13:12:37)

Bapak gua


(None)
(29/11/18 pukul 09:52:19)

Hayoo siapa?


#24


Nuzul Mubarak
(15/10/18 pukul 12:37:19)

Cara cepatnya emang gak ada??


nugnug
(28/10/18 pukul 21:41:19)

mungkin ada


#23


Dhani
(04/08/18 pukul 08:26:46)

Mau tanya kenapa sih dalam perhitungan kc atau kp hanya yg berfase gas yang digunakan?


nugnug
(26/09/18 pukul 11:04:55)

Untuk perhitungan Kp, dibutuhkan nilai tekanan parsial gas. Hanya zat berfasa gas yang memiliki tekanan parsial gas.

Sedangkan untuk perhitungan Kc, diperlukan konsentrasi molar zat. Hanya zat berfasa gas dan larutan yang memiliki konsentrasi molar.


#22


Ita
(25/05/18 pukul 00:33:59)

Kalau yang ditanya persamaan kesetimbangan nya kak,gimana?


nugnug
(27/05/18 pukul 20:45:59)

berarti menuliskan persamaan reaksinya
misalnya: A + B <=> C + D


#21


Alvin
(22/05/18 pukul 22:11:43)

Tentukan rumus Kc dan Kp dari persamaa berikut a. 2NH3(g)_N2(g)+3H2(g) b. CaCO3(s)_CaO(s)+O2(g) c. 4P(s)+5O2(g)_2P2O5(g) d. 2HCI(g)_H2(g)+CI2(g)


nugnug
(27/05/18 pukul 20:43:46)

Pembahasannya dapat dilihat disini:


#20


Mutia
(21/01/18 pukul 13:57:23)

Assalammualaikum kak... Gi mana cara merubah hasil pangkat kc atau kp yang negatif menjadi positif.


nugnug
(04/02/18 pukul 19:52:06)

Wa alaikum salam.
Reaksi kesetimbangannya dibalik saja.
Ruas kiri menjadi ruas kanan dan sebaliknya.


#19


Rina saputri
(11/01/18 pukul 07:42:54)

Kak.. Kc sama K itu sama gak


nugnug
(04/02/18 pukul 14:42:19)

sama.
KC bisa ditulis sebagai K (tanpa huruf C). Tetapan kesetimbangan yang dihitung berdasarkan konsentrasi molar.
Simbol KC jarang muncul.

Beberapa penulisan KC:

K=KC untuk reaksi kesetimbangan secara umum
Kw=KC untuk reaksi kesetimbangan air (=water)
Ka=KC untuk reaksi kesetimbangan asam lemah (=acid)
Kb=KC untuk reaksi kesetimbangan basa lemah (=base)
Kw=Kh untuk reaksi kesetimbangan hidrolisis


Kalau pake huruf P (KP), itu yang berbeda. Tetapan kesetimbangan yang dihitung berdasarkan tekanan parsial gas.


#18


Sufandi
(14/12/17 pukul 20:50:38)

Nitrogen dioksida cenderung berasosiasi bila temperatur diturunkan membentuk dinitrogen tetraoksida kedalam labu tertutup ukuran 100 ml ditaruh 0,235g NO2 dan kesetimbangan dicapai pada 55 derajat C.pada temperatur tersebut terdapat 0,115g NO2. Hitunglah Kc..???


Jhonson Nahampun
(15/12/17 pukul 10:22:29)

sufandi udrus? wkwkw


nugnug
(04/02/18 pukul 14:34:35)

KC = 20
Pembahasannya dapat dilihat disini:


#17


susi
(12/12/17 pukul 20:10:55)

saya mau tanya kalau derajat disosiasi itu apa sih .... terima kasih


Elvira
(14/12/17 pukul 02:23:17)

Terdisosiasi artinya jumlah mol zat yang terurai atau bereaksi adalah sekian% dari jumlah mol mula-mula. Misal terdisosiasi 10%, artinya jumlah mol zat yang terurai atau bereaksi adalah 10% atau 0,1 dari jumlah mol mula-mula.


nugnug
(18/03/18 pukul 11:07:10)

Siip


#16


Siska
(22/06/17 pukul 12:11:34)

Ka saya pengen tau ch hubungan kc dengan kp dong


nugnug
(30/07/17 pukul 11:58:17)

Contoh soal hubungan KC dan KP dapat dilihat disini:


#15


RIZKI AFSARI
(23/05/17 pukul 08:48:28)

Bagus sangat membantu 😊


nugnug
(28/05/17 pukul 04:58:03)

Terimakasih sudah berkunjung...


rohaye
(13/01/18 pukul 09:38:09)

i love you lope lope steam


Andi rahman
(15/11/19 pukul 07:50:00)

Bagusss


#14


Azzam
(04/04/17 pukul 21:43:07)

matur nuhun atu,,sangat membantu


#13


LaoShie
(25/03/17 pukul 19:42:15)

Jadi penjelasan persamaan nya apa atuuhh??


nugnug
(27/03/17 pukul 17:00:07)

hapunten.. mung sakitu..


#12


sri sabtu
(21/03/17 pukul 21:32:32)

terima kasih


nugnug
(27/03/17 pukul 16:56:23)

sama sama


#11


Dini
(13/03/17 pukul 09:03:40)

Cara cepat gk ada ta ? Trs tekanan parsial gimana ??


nugnug
(13/03/17 pukul 22:41:31)

Kuis dan tutorial untuk menghitungan Kc dan Kp belum dibuat. mohon maklum


#10


Adhimas Wahyu p
(20/05/15 pukul 20:03:22)

gan kalo soal kyk gini gmn? Bejana 3 l dlm keadaan setimbang terdapat 3 mol NH3(3 nya kecil ane gak bisa edit)dan 3 mol H2(sama kyk yg di atas)sesuai persamaan:2NH-N2+3H2 jika harga Kc reaksi tersebut = 1/3 maka konsentrasi N2 dalam kesetimbangan adalah? gimana gan? ane kgk bisa, sekalian ama caranya gan


nugnug
(21/09/15 pukul 00:31:08)

Jawaban:1
3
M


Pembahasannya dapat dilihat disini: .


nita ayuni
(02/04/18 pukul 11:21:47)

kak cara membuat proses kimia dan mengetahui nilai dari reaksi dan sisa itu gimana?


nugnug
(02/04/18 pukul 17:11:47)

Tutorialnya bisa dilihat disini: .


#9


firman
(11/05/15 pukul 08:53:56)

Kk bagaimana cara penyelesaian bilangan oksidasi di bawah ini a NH4+ b BaO2 c S2O7 2-


nugnug
(21/09/15 pukul 00:34:16)

maaf firman.. soal kurang lengkap..


#8


yusuf
(22/04/15 pukul 20:27:27)

Bagus saya menjadi tau dan benar


nugnug
(21/09/15 pukul 00:02:40)

ok yusuf


#7


Dania
(12/04/15 pukul 21:31:03)

Kak, kalau yang diketahui harga Kc dan yang ditanya harga Kp solusinya gimana ya..?


mints
(13/04/15 pukul 03:58:34)

kp = kc(RT)^(selisih koefisien)


nugnug
(13/04/15 pukul 21:51:09)

trims mints.betul sekali. tutorial untuk konversi Kc - Kp belum dibuat. kuisnya sudah ada.


#6


anJhar emo
(29/03/15 pukul 23:39:18)

.mkasih gan , ini sangat membantu ane .. Wlaupun aga sedkit puyeng nh kpala


nugnug
(30/03/15 pukul 22:06:36)

Oke


#5


desta
(26/03/15 pukul 13:47:22)

Mantap


nugnug
(30/03/15 pukul 22:07:15)

Terima kasih


#4


alprist
(19/03/15 pukul 22:04:37)

good. sangat mmbantu, tadix saya dah lupa,pas buka internet eh jd ingat lagi deh


nugnug
(22/03/15 pukul 10:27:01)

Ok. Itu emang salah satu tujuan kimiatnt (sekarang namanya jadi: lagonlon).


#3


nugroho aji purnomo
(26/02/15 pukul 10:32:33)

faktor yang mempengaruhi laju reaksi apa kakak??


nugnug
(26/02/15 pukul 21:42:24)

faktor yang mempengaruhi laju reaksi:

  • konsentrasi awal pereaksi
  • suhu
  • luas permukaan bidang sentuh
  • penambahan katalis


viatanti
(12/03/15 pukul 08:38:18)

pusing kepala berbie


#2


hana
(24/02/15 pukul 09:33:25)

good..sngt membantu..


nugnug
(24/02/15 pukul 17:44:07)

trims juga. senang bisa membantu..


feby
(23/02/18 pukul 20:39:23)

Ka ,klu Aku tanya sesuatu ,boleh ngga ?


nugnug
(24/02/18 pukul 13:14:46)

boleh aja kok


Veronica
(13/03/18 pukul 07:32:58)

saya mau bertanya tapi tidak ada kolom coment. tolon pecacahkan masalah ini; tetunkan Kc Ag(NH3)2 bila hasilnya adalah 1,7x 10 pankat 7. toloh cara detailnya


nugnug
(18/03/18 pukul 10:17:10)

data diketahui yang Veronica berikan kurang lengkap.

  • Bagaimana reaksi kesetimbangan yang terjadi?
    (spesi apa yang ada disebelah kanan dan spesi apa yang ada di ruas kiri)
  • Berapa molaritas/konsentrasi zat-zat yang terlibat?


#1


Lala delviani
(08/02/15 pukul 12:07:53)

Bolehkan saya bertanya?


nugnug
(08/02/15 pukul 12:59:42)

Silakan, bebas kok.


ryan govinda
(18/11/15 pukul 09:03:39)

apakah yang anda maksud?


Bondan
(10/03/17 pukul 14:15:36)

Hanya itu kah jawabannya


Revo
(13/05/17 pukul 07:41:27)

Sangat membantu :)


lerin
(06/03/18 pukul 21:09:50)

Cuma 2 rumus ini yg ada dikesetimbangan kimia ini kh? Tolong di jwb yha sobb 😊😊😁


nugnug
(07/03/18 pukul 17:16:46)

Rumus dasar ada dua.
masih bisa dikembangkan jadi bermacam rumus turunannya.



open your eyes, you will see nothing
open your mind, you will be confused
open your hearth, you will see


Pengunjung:
1 4 9 7 3 2
www.lagonlon.com