www.lagonlon.com

Tutorial

Menyetarakan Persamaan Reaksi Sederhana



Dalam tutorial ini kita akan membahas cara menyetarakan persamaan reaksi kimia sederhana.


Persamaan reaksi kimia

Persamaan reaksi kimia merupakan ungkapan tertulis untuk menggambarkan proses reaksi kimia. Dengan menggunakan persamaan reaksi kimia, kita dapat melakukan penyelidikan awal (perencanaan) sebelum kita melakukan reaksi yang sebenarnya (di laboratorium). Kita dapat memperhitungkan berapa jumlah bahan yang akan digunakan, bagaimana produk yang akan dihasilkan, termasuk upaya apa saja yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan hasil reaksi.

Persamaan reaksi kimia terdiri dari ruas kiri (reaktan/bahan) dan ruas kanan (produk/hasil) yang dipisahkan dengan tanda panah. Dalam persamaan reaksi kimia jumlah atom dan jenis unsur sebelum dan sesudah reaksi (kiri dan kanan) haruslah sama (setara). Berikut adalah contoh reaksi yang sudah setara:

C + O2 CO2

Persamaan di atas dikatakan sudah setara, karena jumlah atom-atom di ruas kiri dan kanan sama. Jumlah atom C di ruas kiri sama dengan di ruas kanan (1). Sedangkan atom O di kiri sebanyak 2 buah, sama dengan atom O di ruas kanan.

Menyetarakan reaksi kimia

Jika jumlah atom ruas kiri dan kanan belum sama, maka kita perlu menyetarakannya terlebih dahulu. Dalam menyetarakan persamaan reaksi kimia, kita hanya berhak menambahkan angka di depan rumus kimia zat-zat yang terlibat (koefisien). Kita tidak boleh mengubah rumus kimia zat yang terlibat. Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk menyetarakan persamaan reaksi. Metode yang kita gunakan untuk menyetarakan persamaan reksi kimi dalam tutorial ini adalah:

Tambahkan terus sampai setara!

Mari kita coba bersama metode di atas dalam menyelesaikan dua contoh soal penyetaraan persamaan reaksi berikut:

Contoh 1:

Soal:
Setarakanlah persamaan reaksi berikut:
Al + Cl2 AlCl3

Penyelesaian:
terlebuh dahulu, mari kita lakukan perhitungan jumlah atom-atom dalam persamaan reaksi

Langkah-1: Al + Cl2 AlCl3
atomruas kiriruas kanan
Al11
Cl23

jumlah atom Al ruas kiri sudah sama dengan ruas kanan, sedangkan jumlah atom Cl masih belum sama. Kita perlu menambahkan atom Cl di sebelah kiri. perlu diingat pnambahan tidak boleh merubah rumus kimia. Jadi kita akan menambahkan satu molekul Cl2 di sebelah kiri
Langkah-2: Al + Cl2
Cl2
AlCl3
atomruas kiriruas kanan
Al11
Cl43

Penambahan molekul Cl2 ternyata mengakibatkan jumlah atom Cl berlebih di ruas kiri . Kita perlu menambahkan atom Cl di ruas kanan dengan cara menambahkan satu molekul AlCl3.
Langkah-3: Al + Cl2
Cl2
AlCl3
AlCl3
atomruas kiriruas kanan
Al12
Cl46

Perimbangan atom ruas kiri dan kanan makin berubah. Sekarang kita kekurangan atom Al dan Cl di ruas kiri. Mari kita tambahkan satu atom Al dan satu molekul Cl2 di ruas kiri.
Langkah-4: Al
Al
+ Cl2
Cl2
Cl2
AlCl3
AlCl3
atomruas kiriruas kanan
Al22
Cl66

Sekarang kita telah mendapatkan jumlah atom yang sama untuk ruas kiri dan kanan. Proses penyetaraan sudah selesai, persamaan reaksi kita tulis ulang.
Jawaban: 2Al + 3Cl2 2AlCl3

Dari contoh-1, kita memperoleh koefisien persamaan reaksi: 2 - 3 - 2.

Mari kita coba contoh berikutnya:

Contoh 2:

Soal:
Setarakanlah persamaan reaksi berikut:
C3H8 + O2 CO2 + H2O

Penyelesaian:
Kita lakukan perhitungan jumlah atom
C3H8 + O2 CO2 + H2O
atomruas kiriruas kanan
C31
H82
O22 + 1

Perlu diperhatikan: karena atom oksigen berada dalam banyak bentuk/spesi, maka perhitungannya kita lakukan paling akhir. Kita mulai dengan menambahkan 2 atom C di ruas kanan
C3H8 + O2 CO2
CO2
CO2
+ H2O
atomruas kiriruas kanan
C33
H82
O26 + 1

Atom C sudah sama. Tambahkan 3 molekul H2O di ruas kanan untuk menyetarakan jumlah atom H.
C3H8 + O2 CO2
CO2
CO2
+ H2O
H2O
H2O
H2O
atomruas kiriruas kanan
C33
H88
O26 + 4

Atom C dan H sudah sama. Kita tambahkan 4 molekul O2 di ruas kiri untuk menyamakan jumlah atom oksigen.
C3H8 + O2
O2
O2
O2
O2
CO2
CO2
CO2
+ H2O
H2O
H2O
H2O
atomruas kiriruas kanan
C33
H88
O106 + 4

Atom C, H dan O ruas kiri dan ruas kanan sudah sama. Tulis ulang persamaan reaksi
C3H8 + 5O2 3CO2 + 4H2O

Dari penyelesaian soal pada contoh-2, kita memperoleh koefisien persamaan reaksi: 1 - 5 - 3 - 4.





Kuis

Klik link berikut untuk mengikuti kuis/latihan soal:



Catatan:

Mohon dimaklumi, jika materi dalam tutorial ini dirasa kurang lengkap dan menyeluruh.
Tutorial ini dibuat sebagai fitur bantuan bagi peserta dalam mengerjakan mata kuis di www.lagonlon.com.
Namun demikian, penyajian yang mudah dipahami merupakan tujuan utama kami.
Masukan dari anda, akan sangat membantu kami dalam melakukan perbaikan.
Terimakasih atas kunjungan anda.


Tuliskan pesan/komentar baru





#40


Novi
(14/10/20 pukul 13:11:55)

Saya Mohon izin share untuk pembelajaran murid thor 😇


nugnug
(19/10/20 pukul 11:49:32)

silahkan





#39


Rizki
(03/10/20 pukul 13:03:23)

Makasih banyak


nugnug
(03/10/20 pukul 14:55:42)

sama-sama





#38


Ra Gilang Ramadhan
(23/09/20 pukul 10:06:33)

Nggak ada cara yang lainya yang mudah untuk dimengerti?soal nya agak nggak paham


nugnug
(03/10/20 pukul 15:10:38)

yang penting jangan menyerah





#37


Sunarwan
(18/09/20 pukul 20:56:47)

Wah mksh sangat membatu .mudah di pahami


nugnug
(02/10/20 pukul 11:02:56)

sama-sama





#36


Gevrin
(17/09/20 pukul 13:13:04)

Saya sudah memahami


nugnug
(02/10/20 pukul 10:26:54)

siip





#35


Indra Kurniawan
(08/09/20 pukul 19:11:50)

Terima kasih banyak telah membantu saya untuk memahami materi ini


nugnug
(13/09/20 pukul 13:11:02)

sama-sama





#34


Alfina
(02/09/20 pukul 12:43:16)

Terimakasih banyakkk


nugnug
(07/09/20 pukul 11:04:20)

sama-sama





#33


Juliana
(31/08/20 pukul 21:40:27)

Terimakasih sudah sangat membantu . Dan bermanfaat .jadi saya mengerti


nugnug
(05/09/20 pukul 22:00:26)

sama-sama





#32


Yurdi
(26/08/20 pukul 11:49:00)

Terima kasih


nugnug
(27/08/20 pukul 11:53:59)

sama-sama





#31


Rahmat pratama
(13/08/20 pukul 11:31:16)

Trima kasih


nugnug
(13/08/20 pukul 18:23:52)

sama-sama





#30


Iqmal nuvif.k
(12/08/20 pukul 08:51:02)

Terimakasih sangat membantu


nugnug
(13/08/20 pukul 19:06:48)

sama-sama





#29


diana
(15/07/20 pukul 22:38:38)

Luar biasa. Jadi paham...terima kasih sangat bermanfaat


nugnug
(21/07/20 pukul 15:31:08)

sama-sama





#28


Tri Farin
(10/06/20 pukul 16:13:46)

Ch yang ke 2 itu pada bagian reaktannya,seharusnya koefisien O2 adalah 2


nugnug
(13/06/20 pukul 13:25:51)

sudah pas kok.
Koefisien O2 = 5





#27


NIA WULANDARI
(21/04/20 pukul 18:09:06)

Sangat sangat membantu


nugnug
(21/04/20 pukul 21:21:36)

sip





#26


Auchinta
(17/04/20 pukul 10:52:08)

Thanks kak sangat membantu buat belajar di rumah


nugnug
(17/04/20 pukul 16:05:13)

sama sama





#25


Arwina Triana Said
(11/04/20 pukul 10:22:44)

sangat membantu...tingkatkan lgi yahb


nugnug
(11/04/20 pukul 11:16:21)

siip





#24


Anfal Anwari
(08/04/20 pukul 14:11:15)

Terima kasih sangat membantu untuk belajar di rumah


nugnug
(08/04/20 pukul 14:22:21)

sama-sama





#23


Daffa Andra Pahlevi
(07/04/20 pukul 09:21:35)

Terima kasih, sangat membantu


nugnug
(07/04/20 pukul 11:57:48)

sama-sama





#22


Julia
(06/04/20 pukul 12:08:22)

Kak bisa bantu soal yg d berikan dari sklh?


nugnug
(07/04/20 pukul 11:54:44)

boleh. jangan banyak-banyak ya





#21


Nisa
(26/03/20 pukul 10:46:11)

Makasih kak👍🏻👍🏻👍🏻


nugnug
(26/03/20 pukul 15:39:02)

sama-sama





#20


Nisa
(26/03/20 pukul 10:45:29)

Kak, itu kita merubah rumus kimianya atau menghitung ulang untuk mereaksikannya agar produknya sesuai dengan rumus


nugnug
(26/03/20 pukul 15:48:01)

rumus kimia tidak dirubah.
Hanya menyamakan jumlah atom ruas kiri dan ruas kanan.


#19


Vaustina Yovita
(24/03/20 pukul 17:56:29)

Bagus bro


nugnug
(24/03/20 pukul 21:23:01)

ok


#18


Vinda
(22/03/20 pukul 21:10:47)

10 menit langsung paham, padahal sebelumnya nggak


nugnug
(24/03/20 pukul 21:23:14)

siip


#17


Brian
(21/02/20 pukul 05:29:15)

Gua paham banget!! Makasih buat blocknya


nugnug
(22/02/20 pukul 12:39:11)

sama-sama


#16


Ronald
(20/02/20 pukul 18:31:24)

Good job


nugnug
(20/02/20 pukul 20:26:48)

ok


#15


Ade indah
(29/10/19 pukul 18:56:55)

Sukses buat blocnya


nugnug
(09/11/19 pukul 15:01:36)

terima kasih


#14


Chika Rahmadhanty
(24/05/18 pukul 20:06:00)

Ya ampun siapapun yang bikin kaya ginii makasiii bangettt aaaa


nugnug
(27/05/18 pukul 20:44:20)

sama sama


#13


ratih
(23/03/18 pukul 10:52:10)

Saya paham , terimakasih


nugnug
(24/03/18 pukul 12:38:57)

sama-sama


#12


diana
(06/03/18 pukul 14:02:24)

Masih belum pahaam :(


nugnug
(06/03/18 pukul 17:57:27)

pelan-pelan


#11


selend
(27/09/17 pukul 17:05:58)

Aku tek nggak paham😓


nugnug
(02/10/17 pukul 22:20:08)

Berusaha memahami sudah sangat bagus!


#10


Putri Amaliah amir
(09/09/15 pukul 19:43:10)

wow, thank you very much ini sngat membantu, dan sangat gampang utk dipahami


nugnug
(20/09/15 pukul 22:54:54)

yw putri..


#9


dyah chae
(27/05/15 pukul 19:28:00)

Makasih banyak ^^ , bantu banget buat belajar untuk UAS. Materinya mudah dimengerti dan di bantu dgn ch soal, TOP bgt deh... (y)


nugnug
(20/09/15 pukul 23:04:30)

sama sama dyah


#8


Jones
(19/04/15 pukul 22:31:51)

Tnx. proses yang sangat mudah dipahami. ternyata ada cara yang seperti ini. Good luck


nugnug
(21/09/15 pukul 00:34:53)

trims


#7


joo
(09/04/15 pukul 19:22:45)

thanks telah membantu untuk saya lebih bisa mengerjakan soal


nugnug
(13/04/15 pukul 21:51:37)

siip..


#6


hasrat
(06/04/15 pukul 15:36:57)

terima kasih banyak atas bantuan nya


nugnug
(13/04/15 pukul 21:52:34)

sama sama


#5


mimi kettri
(05/04/15 pukul 19:11:49)

trimakasih banyak yg buat ini, semoga ilmu yg bermanfaat menjadi pahala tersendiri bagi kalian yg bermurah hati membantu,, main :)


nugnug
(13/04/15 pukul 21:52:54)

amiin..


#4


yoga stewatt
(19/03/15 pukul 18:34:47)

terimah kasih sudah bantu nyelesaikan tugas aku dngan cara kyak gitu


nugnug
(22/03/15 pukul 10:25:08)

Sama sama.


#3


lala
(18/03/15 pukul 08:29:38)

pers yang lebih rumit dong kak ???


nugnug
(18/03/15 pukul 16:18:55)

Kalau lala punya contohnya. Boleh kita bahas bersama. Posting aja disini


khoirul
(06/04/15 pukul 19:02:41)

coba soal ini kak MnO2+H2SO4+NaI ---> MnSO2+Na2SO4+H2O+I2


nugnug
(13/04/15 pukul 22:10:34)

Persamaan dalam soal, merupakan persamaan reaksi redoks. Karena ada tiga unsur yang mengalami perubahan bilangan oksidasi (Mn, S danI). Perlu cara khusus untuk menyelesaikannya (dibahas di kelas XII).
Pembahasan soal ini, nanti akan saya coba tampilkan.
tapi untuk sementara, langsung jawabannya dulu aja:
MnO2 + 4 H2SO4 + 6 NaI ==> MnSO2 + 3 Na2SO4 + 4 H2O + 3 I2


#2


Anggie Ayuni
(01/03/15 pukul 19:56:38)

Wah terima kasih ya sangat membantu saya dalam mengerjakan tugas


nugnug
(01/03/15 pukul 19:59:53)

Sama sama...


rizky arinda
(20/05/16 pukul 01:57:55)

Makasih,akhirnya saya ngerti,soalnya yang guru kasih tau saya gak ngerti


#1


Gabrielle
(11/02/15 pukul 20:46:18)

Jika senyawanya ternyata ada banyak, apakah tidak ada cara lainnya untuk menyelesaikannya ?


nugnug
(14/02/15 pukul 16:09:33)

Jika senyawanya banyak, ada beberapa kemungkinan:

  1. persamaan reaksi redoks
    Harus disetarakan dengan cara khusus (menyetarakan persamaan reaksi redoks)
    Ini adalah kemungkinan yang paling besar
  2. gabungan beberapa reaksi
    Untuk menyelesaikannya kita harus bisa memecah persamaan reaksi menjadi beberapa reaksi yang lebih sederhana


nugnug
(14/02/15 pukul 16:13:44)

Ada cara lain untuk meenyelesaikan persamaan reaksi. Dengan menggunakan variabel. Kita memisalkan koefisien sebagai a, b, c, dst. Kemudian kita membuat beberapa persamaan matematis berdasarkan jenis unsurnya.


Anton
(07/03/15 pukul 09:07:34)

kak....... kalo penguraian secara pers. matematisnya gimana cara? tambah bingun nih!


nugnug
(07/03/15 pukul 09:55:37)

Pake cara yang di tutorial ini sudah cukup kok.
Yang penting sering latihan. Nanti jadi mahir.
Kuncinya: perbanyak berlatih.
Silakan ikuti kuisnya. Atau silakan beri contoh soalnya. Nanti kalau bisa, kita bahas disini.


indah
(19/10/15 pukul 17:57:13)

Coba ini. Bagaimana cara penyetaraan x. C2H5 OH


elland
(20/02/18 pukul 06:39:03)

sangat bisa dipahami


Karin
(27/09/19 pukul 14:48:26)

Iii zuper mudah dipahami... Bisa gk belajar bareng?



open your eyes, you will see nothing
open your mind, you will be confused
open your hearth, you will see


Pengunjung:
1 4 9 6 5 3
www.lagonlon.com