www.lagonlon.com

Tutorial
member ...

Konfigurasi Elektron (Kulit)



Dalam tutorial ini akan dibahas cara menuliskan konfigurasi elektron pada kulit-kulit atom. Pembahasan dibatasi hanya pada unsur dengan nomor atom 20 kebawah.


Pengertian konfigurasi elektron

Pada tiap atom, elektron akan tersebar pada kulit-kulit atom. Penyebaran ini memiliki pola susunan tertentu yang disebut dengan konfigurasi elektron. Prinsip dasarnya, elektron akan menempati kulit dengan tingkat energi terendah terlebih dahulu, baru mengisi kulit-kulit berikutnya. Tiap kulit memiliki kapasitas dalam menampung elektron.

Menulis konfigurasi elektron

Untuk unsur dengan nomor atom 20 kebawah, pengisian elektron dimulai dari kulit ke-1 sampai ke-4 secara berurutan. Kapasitas elektron untuk tiap kulit adalah:

Kulit Ke-1 (K) = 2 elektron
Kulit Ke-2 (L) = 8 elektron
Kulit Ke-3 (M) = 8 elektron
Kulit Ke-4 (N) = 2 elektron

Urutan kapasitas elektron untuk nomor atom 20 kebawah:
2 - 8 - 8 - 2

Pengisian elektron dilakukan dari kulit ke-1 sampai penuh (sesuai kapasitasnya), baru dilanjutkan dengan kulit berikutnya.

Contoh: Konfigurasi elektron pada atom netral

Soal-1:
Tentukan konfigurasi elektron dari 13Al !

Jawab:

nomor atom = 13
jumlah proton = 13
jumlah elektron = jumlah proton - muatan
= 13 - 0
= 13
konfigurasi elektron =
KLMN
2 8 3 -

Soal-2:
Tentukan konfigurasi elektron dari 20Ca !

Jawab:

jumlah elektron = 20
konfigurasi elektron =
KLMN
2 8 8 2

Contoh: Konfigurasi elektron pada atom bermuatan

Soal-3:
Tentukan konfigurasi elektron dari 4Be++ !

Jawab:

nomor atom = 4
jumlah proton = 4
jumlah elektron = jumlah proton - muatan
= 4 - (+2)
= 2
konfigurasi elektron =
KLMN
2 - - -

Soal-4:
Tentukan konfigurasi elektron dari 17Cl- !

Jawab:

nomor atom = 17
jumlah proton = 17
jumlah elektron = jumlah proton - muatan
= 17 - (-1)
= 18
konfigurasi elektron =
KLMN
2 8 8 -


Lanjutan

Penulisan konfigurasi elektron untuk unsur dengan nomor atom diatas 20, akan lebih tepat jika menggunakan sistem subkulit (prinsip Aufbau). Konfigurasi elektron subkulit, dapat dilihat pada video berikut:



Video pjj:
Struktur Atom (Part-2)


(Ukuran file: 43,5 MB)

Materi:

  1. Model Atom Niels Bohr
  2. Lapisan-lapisan Kulit Atom
  3. Konfigurasi Elektron (subkulit)
  4. Konfigurasi Elektron (kulit)
  5. Cara penulisan konfigurasi elektron subkulit







Kuis

Klik link berikut untuk mengikuti kuis/latihan soal:



Catatan:

Mohon dimaklumi, jika materi dalam tutorial ini dirasa kurang lengkap dan menyeluruh.
Tutorial ini dibuat sebagai fitur bantuan bagi peserta dalam mengerjakan mata kuis di www.lagonlon.com.
Namun demikian, penyajian yang mudah dipahami merupakan tujuan utama kami.
Masukan dari anda, akan sangat membantu kami dalam melakukan perbaikan.
Terimakasih atas kunjungan anda.


Tuliskan pesan/komentar baru





#53


Trivenakambu
(25/09/22 pukul 21:31:53)

Sangattt membantu 🙏🤠





#52


David
(13/06/22 pukul 15:19:42)

Sya tidk mendapatkan rumus kimia





#51


Ningning
(01/03/22 pukul 22:28:25)

Pada persamaan reaksi : a C3H8 + b O2 →c CO2 + d H2O . Maka harga koefisien a, b, c, dan d adalah





#50


Sepan
(21/10/21 pukul 15:45:11)

Tentukan elektron 35 BR dan 19 K


nugnug
(01/11/21 pukul 09:24:50)


Bisa dilihat disini:





#49


aufia
(22/09/21 pukul 16:10:28)

thanks,jadi lebih paham huhuu


nugnug
(08/10/21 pukul 17:49:59)

yw





#48


rahma
(15/09/21 pukul 15:02:52)

Tuliskan konfigurasi electron tingkat kulit (K L M N...dst) dan tingkat sub kulit (s p d f) Dari unsure- unsure berikut ini, tentukan pula electron valensi masing masing unsure : a. Al (nomor atom 13, nomor massa 27 ) b. As (nomor atom 33, nomor massa 67 )


nugnug
(16/10/21 pukul 06:35:07)


Bisa dilihat disini:





#47


dfano
(14/09/21 pukul 13:47:56)

Jumlah kulit dari 33 AS


nugnug
(16/10/21 pukul 06:37:17)


Konfigurasi elektron berdasarkan kulit:
2 - 8 - 18 - 5
Maka jumlah kulit = 4

Kulit ke-1, terisi 2 elektron
Kulit ke-2, terisi 8 elektron
Kulit ke-3, terisi 18 elektron
Kulit ke-4, terisi 5 elektron





#46


Ayu
(09/09/21 pukul 12:03:58)

Tuliskan konfigurasi elektron dari atom berikut berdasarkan kulit atom! A:atom 16 dengan kulit elektron 8 O 8


nugnug
(13/09/21 pukul 08:31:55)


Bisa dilihat disini:





#45


Ayu
(09/09/21 pukul 12:01:35)

Tuliskan konfigurasi elektron dari atom berikut berdasarkan kulit atom! A:16 O 8 O 8


nugnug
(13/09/21 pukul 08:32:10)


Bisa dilihat disini:





#44


Dian
(25/08/21 pukul 22:05:53)

1.) atom o , no.atom 8, dengan kulit elekton? 2.) atom Ne, no.atom 10,dgn kulit elekton? 3.) atom p, no.atom 15 , dgn kulit elekton? 4.) atom cl, no.atom 17, dgn kulit elekton? 5.) atom ca, no. atom 20,dgn kulit elekton?


nugnug
(30/08/21 pukul 10:34:33)


Coba lihat disini:





#43


Ocha
(25/08/21 pukul 19:13:43)

Konfigurasi elektron berdasarkan kulit dan subkulit dari nomor atom 1 sampai dengan 25


nugnug
(30/08/21 pukul 10:34:01)


Bisa dilihat disini:





#42


Nur Hasanah Harahap
(25/08/21 pukul 08:42:03)

Konfigurasi elektron berdasarkan kulit dan subkulit dari nomor atom 1 sampai dengan 25


nugnug
(30/08/21 pukul 10:18:28)


Bisa dilihat disini:





#41


Lita
(20/08/21 pukul 15:26:29)

Buatlah konfigurasi elektron dalam kulit dan subkulit atom dari unsur-unsur berikut 35 CI=


nugnug
(30/08/21 pukul 11:11:20)


Bisa dilihat disini:





#40


Seftya
(12/08/21 pukul 11:44:56)

Buatlah konfigurasi elektron dalam kulit dan subkulit atom dari unsur-unsur berikut 35 CI=


nugnug
(30/08/21 pukul 11:30:00)


Bisa dilihat disini:





#39


Erli.Anggriyani
(09/08/21 pukul 13:20:13)

Tuliskan konfigurasi elektron unsur dibawah menggunakan aturan kulit dan tentukan elektron valensi


nugnug
(13/09/21 pukul 09:00:28)


Bisa dilihat disini:





#38


Malvin
(09/08/21 pukul 09:54:48)

Sangat gg





#37


Sartita Februaristi
(23/04/21 pukul 10:40:33)

Tentukan ion yang di lepas dan di terima dari ¹⁶O


nugnug
(01/05/21 pukul 14:43:58)


16O: 2 - 8 - 6
dapat mencapai kestabilan dengan menangkap 2 elektron
ion yang terbentuk O2-





#36


Dian
(09/12/20 pukul 11:39:07)

Tentukan konfigurasi elektron dan jumlah subkulit dari 33NA





#35


Nafiatun
(08/12/20 pukul 07:38:27)

Tentukan konfigurasi yang tepat untuk nomor otom 9k





#34


Liana
(07/12/20 pukul 18:48:31)

Tuliskan konfigurasi elektronnya 7C


Candra kirana
(07/12/20 pukul 21:53:17)

7C=1s²,2s²,2p³ Periode=2 Gol=v





#33


Meli
(04/12/20 pukul 10:55:00)

Hasil konfigurasi elektron dari 24 Ca adalah


Candra kirana
(07/12/20 pukul 21:21:54)

24 ca=(18 Ar)4s²,3p⁴ Periode=4 Gol=6=vI


nugnug
(30/01/21 pukul 16:22:07)


20Ca : [Ar] 4s2

24Cr : [Ar] 4s1 3d5


#32


Libertus Banyu Ata
(01/12/20 pukul 21:13:10)

Saya mau soal yang. Ar 18


#31


Muhammad Luthfi
(01/12/20 pukul 08:23:30)

Tuliskan konfigurasi electron berdasarkan kulit dan berdasarkan sub kulit atom Mg!


25 mg
(06/12/20 pukul 03:45:18)

25 mg


nugnug
(29/01/21 pukul 15:13:08)


Bisa dilihat disini:


#30


liana
(24/11/20 pukul 20:17:31)

tentukan konfigurasi atom dari 11k+


Dul
(30/11/20 pukul 11:33:10)

Nomor atom : 11 Jumlah proton : 11 Jumlah elektron : 11 - (-1) = 12 K : 2 L : 8 M : 2


#29


Dian rey
(20/11/20 pukul 08:16:46)

Tuliskan konfigurasi elekteon berdasarkan kulit atomnya 18 Ar


nur
(01/12/20 pukul 08:49:53)

Tentutakan konfigurasi elektron berdasarkan kulit atom


nugnug
(29/01/21 pukul 15:15:06)


Bisa dilihat disini:


#28


Adam Mulya
(23/10/20 pukul 18:10:01)

Sulit pak karena penjelasannya/penerangan tidak tatap muka.


nugnug
(18/02/21 pukul 23:22:18)

kalau dilihat dari hasilnya, mungkin sama saja kok.
adaptasi


#27


Najuwa
(19/10/20 pukul 18:49:25)

Cr (elektron valensi=3) dengan O (elektron valensi=6) tentukan ikatan ion Yang terjadi


nugnug
(29/01/21 pukul 15:39:14)


Cr2O3


#26


Resky irfika
(09/10/20 pukul 07:46:17)

Atom oksigen memiliki nomor atom 16,konfigurasi electron atom tersebut adalah


nugnug
(09/10/20 pukul 11:12:20)


Bisa dilihat disini:


#25


Amelia
(06/10/20 pukul 08:16:02)

$aya terbantu dengan pembaha$an yg telah diberikanl


nugnug
(06/10/20 pukul 10:43:18)

siip


#24


Orance
(03/10/20 pukul 20:23:56)

Tuliskan konfigurasi elektron unsur-unsur berikut ini .20Ca .11Na


nugnug
(04/10/20 pukul 11:09:20)


Bisa dilihat disini:


#23


Isrin Nasifa
(03/10/20 pukul 19:55:35)

Kak mau tanya 214/84 PB itu caranya gimana.


nugnug
(04/10/20 pukul 11:09:10)


Bisa dilihat disini:


Ani
(01/12/20 pukul 08:42:36)

Loveyou


#22


Bunga
(03/10/20 pukul 09:58:14)

tuliskan konfigurasi eletron dari atom O dengan nomer atom 16.


nugnug
(03/10/20 pukul 14:55:07)

bisa dilihat disini:


#21


Tasya Rachma Alya
(02/10/20 pukul 07:25:54)

Tentukan konfigurasi, jumlah sub kulit, dan elektron valensi atom-atom berikut : O (nomor atom 8) ; S (nomor atom 16) ; Na (nomor atom 11) ; Ca (nomor atom )


nugnug
(02/10/20 pukul 09:11:37)

bisa dilihat disini:


#20


ROIDA
(30/09/20 pukul 11:39:04)

Jawaban konfigurasi elektron secara sub kulit


nugnug
(03/10/20 pukul 15:39:55)


Bisa dilihat disini:


#19


ROIDA
(30/09/20 pukul 11:38:09)

Saya ingin tau jawaban konfigurasi elektron secara kulita


nugnug
(03/10/20 pukul 15:39:26)


Bisa dilihat disini:


#18


Lina
(30/09/20 pukul 08:17:38)

Tuliskan konfigurasi elektron cara kulit dan sub kulit dan tentukan elektron valensi dari isotop atom 32S 29k dan 16o


nugnug
(03/10/20 pukul 15:37:35)


Bisa dilihat disini:


#17


Dina
(25/09/20 pukul 18:25:31)

Buatlah konfigurasi electron berdasarkan konfigurasi sub atom 23/11Na


nugnug
(03/10/20 pukul 15:34:32)


Bisa dilihat disini:


#16


Alda
(25/09/20 pukul 12:41:07)

Buat lah konfigurasi election dari atom dri 25 mg, 24 cr, 19 k, 7 Ne,15 p


nugnug
(03/10/20 pukul 15:33:20)

bisa dilihat disini:


#15


Denisya
(24/09/20 pukul 09:54:09)

Buatlah konfigurasi elektron menggunakan kulit dan subkulit dari atom-atom 16 O - 28Si - 35CI - 79Se -80Br 8 =14 =17 =34 =35


nugnug
(03/10/20 pukul 15:32:00)

bisa dilihat disini:


#14


Dista
(15/09/20 pukul 13:09:25)

Tuliskan konfigurasi dari : A. Unsur P dg Z = 15 dan A = 30 B. Unsur Fe dg Z = 26 dan A = 56


nugnug
(02/10/20 pukul 06:22:15)

bisa dilihat disini:


#13


Febrina melisa
(14/09/20 pukul 16:14:39)

Tentukan unsur 11NA


Orance
(03/10/20 pukul 20:25:36)

Tolong di bntu


nugnug
(04/10/20 pukul 11:09:34)


Bisa dilihat disini:


#12


Salsabila
(12/09/20 pukul 14:02:08)

Tentukan bilangan kuantum utama (n) ,asimat (l) ke magnetik ( m) 1.4 Be 2.12 mg 3.20 Ca 4.18 Ar


nugnug
(27/09/20 pukul 11:05:18)

Jawabannya bisa dilihat disini:


#11


Ivan shabri
(11/09/20 pukul 12:49:53)

1 / 1 Tentukan konfigurasi elektron, periode dan golongan dari unsur berikut : 1. 12 Mg 2. 15 P 3. 18 Ar 4. 32 Ge 5. 37 Rb


nugnug
(22/09/20 pukul 18:13:55)

Konfigurasi elektronnya bisa dilihat disini:


#10


audrylisty
(11/09/20 pukul 11:02:46)

Tentukan kongfigurasi sub kulit dari Na (z=11) Mn (z=25) Tolong bantuin dong caranya🙏


nugnug
(13/09/20 pukul 14:06:16)

Daftar konfigurasi elektron subkulit dan kulit dapat dilihat disini:


#9


Helmi pasaribu
(09/09/20 pukul 21:42:15)

Jika menentukan jumlah elektronik pada masing2 kulit menggunakan rumus 2n pangkat2, tentukan jumlah maksimal elektron yg terdapat pada kulit n


nugnug
(13/09/20 pukul 13:49:55)

Bagaimana kalau kita lihat saja sebaran subkulit menurut Aufbau.
Kita sekarang mengenal ada 118 unsur

Dengan ketentuan:
subkulit s, maksimal menampung 2 elektron
subkulit p, maksimal menampung 6 elektron
subkulit d, maksimal menampung 10 elektron
subkulit f, maksimal menampung 14 elektron

maka:
Kulit ke-1 (s) bisa menampung maksimal 2 elektron
Kulit ke-2 (s+p) bisa menampung maksimal 8 elektron
Kulit ke-3 (s+p+d) bisa menampung maksimal 18 elektron
Kulit ke-4 (s+p+d+f) bisa menampung maksimal 32 elektron
Kulit ke-5 (s+p+d+f) bisa menampung maksimal 32 elektron
Kulit ke-6 (s+p+d) bisa menampung maksimal 18 elektron
Kulit ke-7 (s+p) bisa menampung maksimal 8 elektron

nb.
Sudah ada hipotesis kemungkinan dibuatnya unsur ke-119, yang akan menempati kulit ke-8


#8


Miliyawati
(07/09/20 pukul 13:10:15)

Latihan kulit konfigurasi 1. Cu 2. Te 3. Kr 4. Al 5. Be Tolong dong saya dikasih tugas


nugnug
(13/09/20 pukul 12:44:38)

Daftar konfigurasi elektron subkulit dan kulit dapat dilihat disini:


#7


There sia
(05/09/20 pukul 12:02:30)

Tentukan jumlah proton dari atom a NA.N atom 11dan N massa 23,b.aln atom 13 dan N massa 27


nugnug
(07/09/20 pukul 12:06:08)


23Na
11

Diketahui
Nomor atom (Z)=11
Nomor massa (A)=23
muatan=0

Ditanyakan
jumlah proton=...?

Penyelesaian
jumlah proton=nomor atom (Z)
=11


nugnug
(07/09/20 pukul 12:07:06)


27Al3+
13

Diketahui
Nomor atom (Z)=13
Nomor massa (A)=27
muatan=+ 3

Ditanyakan
jumlah proton=...?

Penyelesaian
jumlah proton=nomor atom (Z)
=13


#6


Shane
(29/08/20 pukul 10:48:48)

Hubungan antara bilangan kuantum utama (n) dengan jarak kulit dengan inti


nugnug
(22/09/20 pukul 17:52:48)

Semakin besar bilangan kuantum utama (n), jari-jari atom semakin besar.
Demikian pula sebaliknya


#5


Agussi
(12/08/20 pukul 14:50:25)

Pasangan atom isotop


nugnug
(13/08/20 pukul 18:30:34)

isotop = spesi unsur yang memiliki nomor atom sama, tetapi nomor massanya berbeda.

Contoh:
isotop oksigen:

15O
8
 
16O
8
 
17O
8


#4


Rizci purna dewanti
(16/09/19 pukul 11:22:06)

Kok saya nggak ngerti ya:)


nugnug
(19/09/19 pukul 11:43:00)

pelan-pelan


#3


jayyymean
(12/11/17 pukul 22:27:02)

makasihh membantu banget! soalnya aku cepet lupa hehe


nugnug
(13/11/17 pukul 18:55:24)

sama-sama. Itu memang salah satu tujuan web ini. untuk meihat kembali...


#2


Osasas9ooooo
(01/11/17 pukul 04:59:32)

Tidak masuk akal........


Adittana isRa f
(17/09/20 pukul 00:03:01)


#1


fery
(23/10/15 pukul 05:03:03)

Trimakasih


nugnug
(28/10/15 pukul 20:43:19)

sama sama


Osasas9ooooo
(01/11/17 pukul 05:00:32)

Jangna. Sok


Dincent sanjaya
(10/08/19 pukul 10:04:39)

Terima kasih kak , atas bantuannya


nugnug
(12/08/19 pukul 18:03:48)

sama-sama



open your eyes, you will see nothing
open your mind, you will be confused
open your hearth, you will see


www.lagonlon.com