www.lagonlon.com

Tutorial

Jumlah Atom Dalam Rumus Kimia



Dalam tutorial ini kita akan membahas cara menentukan jumlah atom dan jenis unsur dalam suatu rumus kimia.


Istilah

Sebelum kita mulai, terlebih dahulu mari kita samakan persepsi tentang maksud dari istilah jumlah atom dan jenis unsur. Kedua istilah ini bukan istilah baku, tapi sering kami gunakan dalam kegiatan mengajar untuk mempermudah siswa memahami rumus kimia. Anda dapat menggunakan istilah lain untuk menggantikannya.
Mari kita lihat rumus molekul berikut:

H - O - H

Dari rumus molekul di atas, kita akan menyatakan:
  • Jenis unsur = 2
    Ada dua jenis unsur, yaitu: Hidrogen (H) dan Oksigen (O).
  • Jumlah atom = 3
    Ada tiga (3) buah atom dalam rumus molekul di atas, yaitu:
    1 atom Oksigen, dan
    2 atom Hidrogen.

Jenis unsur

Mari kita mulai dengan istilah yang pertama, Jenis unsur. Tiap jenis unsur disimbolkan dengan satu atau beberapa huruf. Tiap lambang unsur hanya terdiri dari satu huruf kapital. Dengan demikian:

No.Rumus KimiaJenis unsurIlustrasiKeterangan
1. CO 2 Karbon (C)
Oksigen (O)
2. Co 1 Kobalt (Co)
3. CaCO3 3 Kalsium (Ca)
Karbon (C)
Oksigen (O)
4. CH3COOH 3 Karbon (C)
Hidrogen (H)
Oksigen (O)

Catatan:
Kami sering menemukan kesulitan siswa dalam membedakan Co dan CO. Hal ini terjadi, karena kurang disiplin dalam menuliskan huruf kapital (huruf besar) dalam lambang unsur. Masih saja ditemukan ada siswa yang menuliskan rumus molekul metana dengan Ch4 (semestinya CH4). Masih ditemukannya kesalahan dalam penulisan lambang unsur, merupakan salah satu faktor yang mendorong dipublikasikannya tutorial ini.

Jumlah atom

Mari kita lanjutkan dengan menentukan jumlah atom dalam rumus kimia. Satu hal yang kadang membuat kita rancu dalam menentukan jumlah atom adalah keberadaan angka-angka dalam rumus kimia. Mari kita bahas angka-angka dalam rumus kimia.

  1. angka setelah lambang unsur Angka yang menunjukkan jumlah atom dituliskan setelah lambang unsur dengan format subscript. Perhatikan beberapa contoh berikut:

    Rumus kimiaJumlah atomIlustrasiKeterangan
    H2O 3 2 atom oksigen (O)
    1 atom hidrogen (H)
    H3PO4 8 3 atom oksigen (H)
    1 atom fosfor (P)
    4 atom oksigen (O)
    HNO3 5 1 atom hidrogen (H)
    1 atom nitrogen (N)
    3 atom oksigen (O)
    CH3COOH 8 2 atom karbon (C)
    4 atom hidrogen (H)
    2 atom oksigen (O)

  2. angka setelah tanda kurung Angka setelah tanda kurung menunjukkan bilangan yang harus dikalikan dengan jumlah atom yang berada dalam kurung. Perhatikan contoh-contoh berikut:

    Rumus kimiaJumlah atomIlustrasiKeterangan
    Sr(OH)2 5

    1 atom srontium (Sr)
    2 atom oksigen (O)
    2 atom hidrogen (H)
    (NH4)2CO3 14

    2 atom nitrogen (N)
    8 atom hidrogen (H)
    1 atom karbon (C)
    3 atom oksigen (O)
    CH3(CH2)4CH3 20



    6 atom karbon (C)
    14 atom hidrogen (H)

  3. angka sebelum rumus kimia Angka yang dituliskan sebelum rumus kimia, bukan bagian dari rumus kimia. Angka ini menunjukkan jumlah molekul ysng ada di belakangnya. Angka ini biasanya muncul dalam (koefisien) persamaan reaksi kimia. Dalam perhitungan berat molekul (Mr) angka ini diabaikan. Angka ini digunakan dalam perhitungan jumlah atom sebelum dan sesudah reaksi. Agar lebih mudah, perhatikan contoh-contoh berikut:

    Rumus kimiaJumlah atomIlustrasiKeterangan
    2 H2O 6

    (2 molekul H2O)
    2 atom oksigen (O)
    4 atom hidrogen (H)
    3 CH4 15



    (3 molekul CH4)
    3 atom karbon (C)
    12 atom hidrogen (H)


  4. angka setelah titik Angka yang ditulis setelah titik (dan di depan suatu rumus molekul) menyatakan jumlah molekul yang ada di belakangnya. Tanda titik (.) menyatakan senyawa tersebut sebenarnya terdiri dari dua bagian yang bergabung menjadi satu. Angka ini biasanya muncul dalam rumus air kristal. Untuk jelasnya, perhatikan contoh berikut:

    Rumus kimiaJumlah atomIlustrasiKeterangan
    CaCl2.2 H2O 9


    1 atom kalsium (Ca)
    2 atom khlor (Cl)
    4 atom hidrogen (H)
    2 atom oksigen (O)






Kuis

Klik link berikut untuk mengikuti kuis/latihan soal:



Catatan:

Mohon dimaklumi, jika materi dalam tutorial ini dirasa kurang lengkap dan menyeluruh.
Tutorial ini dibuat sebagai fitur bantuan bagi peserta dalam mengerjakan mata kuis di www.lagonlon.com.
Namun demikian, penyajian yang mudah dipahami merupakan tujuan utama kami.
Masukan dari anda, akan sangat membantu kami dalam melakukan perbaikan.
Terimakasih atas kunjungan anda.


Tuliskan pesan/komentar baru


Pesan untuk halaman ini sudah mencapai batas maksimal.
Silakan berikan komentar baru di halaman Pesan.


#109


Radian dafit
(23/08/20 pukul 00:37:11)

Apa rumus molekul dari 1 atom kalsium, 1 atom karbon, dan atom oksigen


nugnug
(23/08/20 pukul 16:08:17)

CaCO3


#108


Ilham
(23/08/20 pukul 00:33:57)

Tuliskan jumlah pada setiap atom ini: H4NO3. 7NO4?


nugnug
(23/08/20 pukul 16:06:40)

H4NO3.7NO4

jumlah atom = 43, yaitu:

4 atom hidrogen (H),
8 atom nitrogen (N), dan
31 atom oksigen (O)

btw, yakinkah rumus kimia senyawanya sudah benar?


#107


dinayuliana
(20/08/20 pukul 00:22:45)

w ga pahaamm


nugnug
(22/08/20 pukul 16:55:29)

pelan-pelan


#106


Ica Febriyanti
(19/08/20 pukul 22:02:31)

Apa rumus molekul senyawa 2 Na,1 atom C dan 3 atom O


nugnug
(22/08/20 pukul 16:55:04)

Na2CO3


#105


FITRIA RAMADHANI
(19/08/20 pukul 17:09:33)

Tulis kan masing-masing atom yang menyusun senyawa .5 molekul k2Cr2O7


nugnug
(22/08/20 pukul 16:50:12)


5 K2Cr2O7
Jumlah atom = 55, yaitu

10 atom kalium (K),
10 atom kromium (Cr), dan
35 atom oksigen (O)


#104


Septi aulia
(19/08/20 pukul 16:00:56)

Apa rumus molekul senyawa 2 atom H,1 atom s dan 4 atom 0


nugnug
(22/08/20 pukul 16:48:12)

H2SO4


#103


Reka putri yani
(19/08/20 pukul 15:32:29)

Apa rumus molekul senyawa 2 atom h,1 atom s dan 4 atom 0


FITRIA RAMADHANI
(19/08/20 pukul 17:48:30)

H2SO4


#102


Satria
(19/08/20 pukul 14:38:32)

Berapa jumlah atom 2K3PO4


nugnug
(22/08/20 pukul 16:47:19)

2 K3PO4
Jumlah atom = 16, yaitu

6 atom kalium (K),
2 atom posfor (P), dan
8 atom oksigen (O)


#101


Fathiya
(19/08/20 pukul 11:49:46)

Kak kalo jumlah atom dari 5BaSO⁴ 3K²Cr²O⁷ KMnO⁴ Maaf kak banyak, tugas skolah blum di jelasin:")


nugnug
(22/08/20 pukul 16:42:20)


5 BaSO4
Jumlah atom = 21, yaitu

5 atom barium (Ba),
5 atom belerang/sulfur (S), dan
20 atom oksigen (O)


3 K2Cr2O7
Jumlah atom = 33, yaitu

6 atom kalium (K),
6 atom krom (Cr), dan
21 atom oksigen (O)


KMnO4
Jumlah atom = 6, yaitu

1 atom kalium (K),
1 atom mangan (Mn), dan
4 atom oksigen (O)


#100


Icha Marlianti
(19/08/20 pukul 08:11:47)

Berapa jumlah atom NaBR


nugnug
(19/08/20 pukul 17:37:06)


NaBr

jumlah atom = 2, yaitu:
1 atom natrium (Na), dan
1 atom bromium (Br)


#99


Anik
(18/08/20 pukul 20:22:01)

Alhamdulillah, keren sekali, semoga mendapatkan berkah dari Allah swt dari ilmu yang sudah diberikan ,terimakasih buanyak


nugnug
(19/08/20 pukul 14:55:45)

Amiin, terima kasih


#98


Intan
(18/08/20 pukul 14:15:45)

Berapa jumlah atom H dan atom Cl sebelum bereaksi dan sesudah bereaksi


nugnug
(18/08/20 pukul 16:17:57)

tetap


#97


Tazkia
(18/08/20 pukul 12:39:32)

Berapa jumlah atom dari Na³AIF⁶


nugnug
(18/08/20 pukul 18:07:33)


Na3AlF6

Jumlah atom = 10, yaitu:
3 atom natrium (Na)
1 atom alumunium (Al)
6 atom fluor (F)


#96


Salsa
(18/08/20 pukul 12:32:45)

Jumlah atom Fe2036H2O


nugnug
(18/08/20 pukul 18:04:50)


Fe2O3.6H2O

jumlah atom = 23, yaitu:
2 atom besi (Fe)
9 atom oksigen (O)
12 atom hidrogen (H)


#95


Aku
(18/08/20 pukul 12:19:08)

Jumlah atom 3p4


#94


Risyan
(18/08/20 pukul 10:42:49)

4H2SO4


#93


VIRDA NAVISA AMALIA
(18/08/20 pukul 10:09:11)

H2COO(OH)3


#92


Alexsa silviana
(15/08/20 pukul 09:24:32)

CO(NH2)2


#91


Mnsia
(13/08/20 pukul 20:11:25)

Berapa jumlah atom H dan atom CI sebelum bereaksi dan sesudah bereaksi?


nugnug
(18/08/20 pukul 16:06:40)

tetap


#90


Cecan
(13/08/20 pukul 16:15:35)

Tentukanlah jumlah masing masing unsur atom dan unsur senyawa berikut: 1) Na 2)


#89


Anisah
(13/08/20 pukul 14:58:48)

Berapa jumlah atom H dan atom CI sebelum bereaksi dan berapa jumlah atom H dan atom CI setelah bereaksi


nugnug
(18/08/20 pukul 16:01:19)

tetap


#88


Vbbb
(13/08/20 pukul 10:55:52)

Hitunglah jumlah atom -atom yg membentuk zat mempunyai rumus kimia :c2H4


nugnug
(18/08/20 pukul 16:06:20)


jumlah atom = 6

2 atom karbon (C), dan
4 atom hidrogen (H)


#87


Evan
(13/08/20 pukul 09:03:18)

Jumlah molekul dan jumlah atom dari 3N H 2 dan CO (no 2 ) 2


nugnug
(18/08/20 pukul 16:12:26)


ada 4 molekul
3 molekul NH2 (atau maksudnya NH3 ...?)
1 molekul CO(NO2)(NO2

ada 17 atom:
5 atom nitrogen (N)
6 atom hidrogen (H)
1 atom karbon (C)
5 atom oksigen (O)


#86


Yuni Sulistiani
(12/08/20 pukul 20:52:52)

Tentukan jumlah atom yang terdapat pada rumus kimia 4H2O


nugnug
(13/08/20 pukul 18:26:57)

Jumlah atom = 12, yaitu
8 atom hidrogen (H), dan
4 atom oksigen (O)


#85


Rfky
(12/08/20 pukul 17:27:18)

Tentukan jumlah dan jenis atom yg tetdapat dalam= a.2KCIO3 b.3mgNO3


nugnug
(12/08/20 pukul 18:39:35)

a. 2 KClO3
  • Jenis unsur = 3
    K:kalium
    Cl:khlor
    O:oksigen

  • Jumlah atom = 10
    2 atom kalium
    2 atom khlor
    6 atom oksigen

b. 3 Mg(NO3)2
  • Jenis unsur = 3
    Mg:magnesium
    N:nitrogen
    O:oksigen

  • Jumlah atom = 27
    3 atom magnesium
    6 atom nitrogen
    18 atom oksigen


#84


Devi tri ana
(11/08/20 pukul 19:55:25)

tentukan jumlah atom yang terdapat pada rumus kimia 4 H²O


nugnug
(14/08/20 pukul 19:04:08)

Jumlah atom = 12
8 atom hidrogen (H), dan
4 atom oksigen (O)


#83


Kamil
(11/08/20 pukul 19:29:14)

Tentukan jumlah atom pada 4 H2 O


nugnug
(14/08/20 pukul 19:04:42)

Jumlah atom = 12
8 atom hidrogen (H), dan
4 atom oksigen (O)


#82


Julpan
(10/08/20 pukul 10:37:31)

Tak ada


#81


Nisa
(10/08/20 pukul 09:27:02)

Apa bunyi Postulat dalton yang pertama, kedua, ketiga, dan keempat?


nugnug
(10/08/20 pukul 21:42:55)



Lebih lengkapnya, bisa dilihat disini:
Postulat Dalton (wikipedia)


#80


Carpit
(10/08/20 pukul 08:43:11)

Asik yah belajat online tpi lasihan yg g punya hp😥


#79


Yongki Pratama
(10/08/20 pukul 07:35:51)

Tentukan jumlah atom dari MB2SO4


nugnug
(10/08/20 pukul 21:36:18)



Mg2SO4

Nama UnsurJumlah Atom
Mg2
S1
O4
Jumlah atom7


#78


Wahyuni
(09/08/20 pukul 11:48:41)

Jumlah atom c


#77


carry fitriani
(07/08/20 pukul 11:07:39)

berapa jumlah atom H dan atom Cl sebelum dan sesudah bereaksi?


#76


Della
(07/08/20 pukul 09:00:22)

Ini penjabaran unsur pada alkoho C2H5OH sbb: C: 1atom H: 5 atom O: 1 atom H: 1 atom Yang ditanya jumlah atom H ada 6 dari mana ya?


nugnug
(07/08/20 pukul 18:12:51)

atom H kan ada 5 + 1
jadi = 6

Semua atom H, kita gabungkan.


#75


Asror
(06/08/20 pukul 12:54:39)

Hasil dari Ca(NO3)2


nugnug
(07/08/20 pukul 17:50:09)

pupuk tanaman


#74


citra hidayati
(05/08/20 pukul 16:04:11)

hasil dari H3 H2 COOH


#73


Ponco mardiko
(05/08/20 pukul 10:00:14)

Terima kasih saya bisa memperluas pengetauan saya 🙏


nugnug
(07/08/20 pukul 17:39:16)

sama-sama


#72


Dita
(04/08/20 pukul 11:42:19)

Berapa jumlah atom h dan cl sebelum bereaksi


#71


Vin Tiatira Pinling
(03/08/20 pukul 04:45:46)

Terimah kasih atas jawabannya,sangat membantu sekali buat saya dan teman"😇


nugnug
(04/08/20 pukul 23:24:55)

sama sama


#70


Adristi Syafira
(25/07/20 pukul 19:32:08)

Terimakasih sangat membantu


nugnug
(28/07/20 pukul 19:38:36)

sama-sama


#69


Jojo
(23/07/20 pukul 11:21:37)

Terima kasih, ini sangat membantu saya 🙏


nugnug
(23/07/20 pukul 18:48:49)

sama-sama


#68


Lala
(22/07/20 pukul 10:26:19)

Berapa kebutuhan H untuk setiap atom C?


nugnug
(23/07/20 pukul 18:52:29)

Setiap atom C dapat mengikat (maksimal) 4 atom H


#67


Nrs
(22/07/20 pukul 10:19:49)

Jumlah atom yang menyusun MgCl2 adalah?


nugnug
(23/07/20 pukul 18:53:59)

Setiap molekul MgCl2, tersusun dari 3 atom, yaitu:
1 atom Mg
2 atom Cl


#66


xxx
(10/07/20 pukul 14:12:40)

terimakasih banyak, sangat membantu saya dalam belajar


nugnug
(21/07/20 pukul 15:30:19)

sama-sama


#65


Arya
(23/06/20 pukul 08:05:23)

senyawa kimia dengan rumus A12(co3)2 merupakan jumlah atom sebanyak​


nugnug
(23/07/20 pukul 18:55:39)

Setiap molekul Al2(CO3)2 tersusun dari 10 atom, yaitu:
2 atom Al
2 atom C
6 atom O


#64


Reni Febriyanti
(09/05/20 pukul 19:06:14)

6co2 jumlah dan jenis atom penyusunan molekul


nugnug
(11/05/20 pukul 17:02:59)

6CO2

  • Tersusun atas dua jenis unsur: karbon (C) dan oksigen (O)
  • 6 molekul CO2
  • 6 atom karbon (C)
  • 12 atom oksigen (O)


#63


Sheren
(06/05/20 pukul 08:47:49)

Berapa jumlah atom nitrogen yang terdapat dalam 5 molekul aluminium nitrate? Klo gni gmna


nugnug
(06/05/20 pukul 15:23:22)

5 Al(NO3)3

jumlah atom Al=5
jumlah atom N=15
jumlah atom O=45


#62


Cindy
(28/04/20 pukul 11:30:09)

Jumlah atom S dan atom O


#61


Rosmasyam
(30/03/20 pukul 06:26:56)

Terima kasih. Jawaban yang bagus


nugnug
(30/03/20 pukul 10:40:50)

sama-sama


#60


DANIEL
(26/03/20 pukul 06:29:01)

jawaban.yg termasuk rumus kimia syawa


#59


Dewik
(20/03/20 pukul 09:03:39)

Makasih atas jawabanya


nugnug
(20/03/20 pukul 11:43:48)

sama-sama


#58


Sap
(09/03/20 pukul 20:19:22)

CH3COOH lambang apa ya?


nugnug
(11/03/20 pukul 19:03:48)

asam cuka (asam asetat)


#57


S. car
(04/03/20 pukul 21:40:38)

bisa tolong dijelasin cara agar mendapatkan jawaban tersebut


nugnug
(07/03/20 pukul 04:14:48)

sepertinya sudah cukup jelas


#56


Lalaa k
(20/02/20 pukul 05:21:25)

Trimakasihh~


nugnug
(20/02/20 pukul 20:26:37)

sama-sama


#55


Salsaaaa
(19/02/20 pukul 12:21:24)

Makasihhh jawabannya membantu sekalian


nugnug
(20/02/20 pukul 20:26:20)

sama-sama


#54


Hendrik
(05/02/20 pukul 09:08:08)

Anda cukup pintar


nugnug
(14/02/20 pukul 18:38:14)

terima kasih


#53


Nina
(30/01/20 pukul 19:57:33)

Na OOH2 mn tu


#52


Nrulp
(27/11/19 pukul 17:46:24)

Blum mengerti dngan soal ini


nugnug
(11/12/19 pukul 18:37:45)

sabar


#51


Faizaa
(26/11/19 pukul 21:58:39)

Thanks


nugnug
(27/11/19 pukul 08:53:03)

yw


#50


Nirwana kogoya
(26/11/19 pukul 16:59:46)

Kimia atom


#49


Faker77★
(25/11/19 pukul 19:47:32)

Terimakasih


nugnug
(27/11/19 pukul 08:51:58)

sama sama


#48


L.I.F
(24/11/19 pukul 13:18:04)

Makasih


nugnug
(27/11/19 pukul 08:51:00)

sama sama


#47


Mnsia
(18/11/19 pukul 15:00:10)

HCO³ COOH sebutkan jumlah unsurnya


#46


Anggelia
(04/11/19 pukul 20:32:15)

Kenapa gk ada AgNO² dan knp gk ada Fe²(SO⁴)³


#45


sofia
(22/10/19 pukul 17:06:42)

sangat membantu terimakasih


nugnug
(29/10/19 pukul 20:11:01)

sama sama


#44


Al Fatah parno
(15/10/19 pukul 16:56:21)

Kenapa gak ada Al (No3)3


#43


Leefanie
(02/10/19 pukul 10:54:53)

Nice


nugnug
(06/10/19 pukul 20:49:34)

ok


#42


Rizal
(19/09/19 pukul 07:48:46)

Mantap 😎


nugnug
(19/09/19 pukul 11:44:34)

ok


#41


Royyan
(18/09/19 pukul 11:35:15)

Sipp..mudah buat di mengerti


nugnug
(19/09/19 pukul 11:44:08)

ok


#40


Husna
(17/09/19 pukul 15:01:35)

Yh jwbnnya simpel dn mudah d phmi 😊


nugnug
(19/09/19 pukul 11:43:53)

ok


#39


Rio
(06/09/19 pukul 18:56:06)

Sangat berguna dan gampang dimengerti!


nugnug
(06/09/19 pukul 21:53:06)

siip


#38


Orang
(21/08/19 pukul 12:56:39)

Nggak ada??


Orang
(21/08/19 pukul 12:57:08)

Nggak ada yang di tuju?


#37


tata
(01/08/19 pukul 21:19:43)

simple jelas dan mudah dimengerti 👍👍


nugnug
(03/08/19 pukul 16:07:44)

siip..


#36


Nata
(29/07/19 pukul 07:17:47)

Terima kasih, penjelasanya cukup mudah di mengerti.


nugnug
(03/08/19 pukul 16:06:53)

sama-sama


#35


Karin
(18/05/19 pukul 19:30:01)

Makasih,penjelasannya gampang buat difahami


nugnug
(08/06/19 pukul 04:36:16)

sama-sama


#34


Aldy
(25/04/19 pukul 08:06:00)

Sangat singkat namun mudah di pahami


nugnug
(14/05/19 pukul 18:43:40)

oke


#33


Dava
(25/04/19 pukul 07:46:32)

Penjelasannya sangat simpel dan mudah dimengerti


nugnug
(14/05/19 pukul 18:43:18)

terima kasih


#32


Kaiexo
(10/04/19 pukul 18:48:59)

Good banget, makasih bantuannya


nugnug
(14/05/19 pukul 18:42:58)

sama-sama


#31


Indryani
(29/01/19 pukul 23:55:03)

Penjelasannya mudsh dimengerti. Sangat membantu. Makasihh


nugnug
(14/05/19 pukul 22:52:54)

sama-sama


#30


Aurelia
(29/11/18 pukul 22:24:46)

Penjelasanya sangat mudah untuk di mengerti dan sangat menarik 😊👍👍


nugnug
(14/05/19 pukul 23:05:15)

Terima kasih


#29


Septa
(26/11/18 pukul 18:22:57)

Terimakasih buat kakak2 yang memberikan ilmu pengetahuan KPD kami agar kami dapat mengetahui apa yang kita tidak ketahui


nugnug
(16/03/19 pukul 13:46:30)

sama-sama


#28


Buchari
(14/11/18 pukul 08:15:52)

Berapa banyak atom oksigen ,dengan mr 180


nugnug
(06/10/19 pukul 20:48:25)

Nama senyawanya tolong dicantumkan


#27


Vanya
(31/10/18 pukul 19:00:05)

Yeyyy..paham:)


#26


Sri Wahyuni
(07/10/18 pukul 15:54:31)

Al (OH) ³


IQBAL GANTENG
(23/10/18 pukul 20:10:11)

GAK PAPA KOK


#25


Renal
(24/09/18 pukul 10:43:36)

Jumlah atom Al2(CO3)3


nugnug
(26/09/18 pukul 11:40:15)

14 atom


#24


Bayu
(19/09/18 pukul 22:28:22)

ZnCI2(H2O)4


Nurfa
(04/04/19 pukul 19:48:34)

15 atom


#23


Bowo
(28/08/18 pukul 21:42:10)

Berapa kah jumlah atom oksigen?


Nurfa
(04/04/19 pukul 19:49:06)

2 atom


#22


Bowo
(28/08/18 pukul 21:40:54)

5 molekul AI2(SO4)3


wang
(15/11/18 pukul 11:03:01)

aaaa內容aaaaa


#21


Rista
(08/08/18 pukul 18:56:30)

4 molekul asam sulfat.berapakah jumlah atomnya dan jenis atomnya


nugnug
(26/09/18 pukul 11:38:42)

Ada 3 jenis unsur (hidrogen, belerang dan oksigen).
jumlah atom : 28


#20


Alicia kusuma
(26/04/18 pukul 20:33:12)

SiO2 menghitung atom


nugnug
(17/05/18 pukul 11:24:27)

Jenis unsur=2(Si dan O)
Jumlah atom=3(Si-O-O)


#19


muxtarlubiz
(26/03/18 pukul 18:32:43)

Mantap nih, sangat membantu apalagi bagi pemula seperti saya ini.. keren pokoknya👆sukses terus🙏


nugnug
(26/03/18 pukul 20:04:37)

Terima kasih...


#18


Chintya
(13/02/18 pukul 09:33:38)

H²OSO⁴(5HO³N)


IniOrang
(13/05/18 pukul 20:39:13)

7 atom H, 20 atom O, 1 atom S, 5 atom N Itu menurut saya apabila salah monggo dikritik soalnya saya juga pemula 😂😂😂


nugnug
(17/05/18 pukul 11:19:38)

Siip IniOrang...


#17


AYAM
(11/02/18 pukul 07:45:32)

BLOG KEREN BROH


nugnug
(24/02/18 pukul 13:26:13)

ok..


#16


Gilbert
(30/01/18 pukul 21:21:22)

4CH2COOH MENGHITUNG ATOM


nugnug
(04/02/18 pukul 20:07:16)

4 CH3COOH
Berarti ada 4 molekul CH3COOH.
ilustrasinya sebagai berikut:



Perhitungan jumlah atomnya:

Jumlah atom C=8
Jumlah atom H=16
Jumlah atom O=8

Jumlah atom seluruhnya=32


#15


Vany
(11/12/17 pukul 00:06:44)

Saya masih belum mengerti dengan ini:nomor atom dari unsur A1dengan13 maka jumlah elektron valensinya adalah


nugnug
(11/12/17 pukul 23:43:04)

Al konfigurasi elektronnya 2-8-3. Maka elektron valensinya 3.


#14


Hamzah
(10/12/17 pukul 22:12:13)

Masih bingung hasil dari 5c2h5oh


nugnug
(11/12/17 pukul 23:41:54)

Hasil apanya ya?


#13


Ayu Cornelia
(27/07/17 pukul 18:42:24)

Ali masih blm ngerti cara yg ini AL2 (SO4)3


nugnug
(30/07/17 pukul 09:37:35)

Al2(SO4)3
Satu huruf besar (kapital), mewakili satu jenis unsur.
Berarti ada tiga jenis unsur: Al - S - O
Jumlah atom dalam Al2(SO4)3 adalah:

Al2(SO4)3= Al - Al - SO4 - SO4 - SO4
= Al - Al - S - O - O - O - O - S - O - O - O - O - S - O - O - O - O

Jadi:
Jumlah atom Al=2
Jumlah atom S=3
Jumlah atom O=12

Jumlah atom total=17


#12


arik
(09/05/17 pukul 14:15:43)

aduh aku mash kurang pahap nh gimana cara KERjkan ya...al3(oh2)6


nugnug
(13/05/17 pukul 00:47:54)

Rumus kimianya kurang pas.
Apakah yang dimaksud:
1) Al(OH)3 atau
2) Al2(CO3)3


salsabilala
(13/10/17 pukul 14:39:14)

1. Al=3 O=6 H=12


#11


Evan
(16/04/17 pukul 21:18:35)

Sangat membantu gan, tengs


nugnug
(17/04/17 pukul 20:20:05)

ok


#10


Aura Almunira
(21/10/15 pukul 22:25:34)

Bagus kali penjelasannya (TOP)


nugnug
(28/10/15 pukul 20:42:28)

trims..


Vani
(29/10/18 pukul 13:47:16)

Trims


#9


indra pranoto
(09/10/15 pukul 11:47:35)

catatan di atas sangat membantu saya untuk belajar


nugnug
(12/10/15 pukul 23:01:27)

tetap semangat indra..


#8


aulia
(07/10/15 pukul 17:54:17)

thanks. sangaaaaat..... membantu untuk UTS besok. sekali lagi thanks


nugnug
(12/10/15 pukul 23:01:48)

sama sama


#7


M. Christopher
(06/10/15 pukul 20:20:38)

Thanks ^^


nugnug
(12/10/15 pukul 23:02:16)

yw chris


#6


Joshua nicanor
(30/09/15 pukul 18:02:06)

Terimakasih atas bantuannya...ini sangat membantu


nugnug
(12/10/15 pukul 23:04:38)

oke joshua


#5


athaya zharifa
(30/09/15 pukul 05:38:43)

terimakasih yaaa


nugnug
(12/10/15 pukul 23:04:15)

siip


#4


pahala izesco musa j
(26/09/15 pukul 18:29:55)

Trims ya


nugnug
(26/09/15 pukul 22:15:39)

sama sama


#3


Trisnoa yatefati gea
(21/08/15 pukul 19:33:55)

Google emang mbantu kimia gituloooooo


nugnug
(20/09/15 pukul 23:00:20)

tinggal carii..


#2


Syifa
(19/08/15 pukul 19:26:14)

Thanks atas bantuannya. Ini sangat membantu saya mengerjakan tugas sekolah


nugnug
(20/09/15 pukul 22:59:23)

yw syifa


#1


diha
(01/03/15 pukul 08:19:14)

makasih yah karna sangat membantu dalam poses belajar


nugnug
(01/03/15 pukul 11:49:52)

sama-saa. terimakasih juga atas kunjungannya


tbukti
(06/12/15 pukul 21:51:23)

Mksih ini sngat mbantu skali.


Anjeli
(02/10/17 pukul 19:35:12)

Hebat


Aldo,smk teknas
(20/02/18 pukul 16:32:53)

Assalamualaikum. Makasih ya atas bantuan ini sangat membantu saya dalam bidang berlajar


nugnug
(22/02/18 pukul 21:26:44)

Wa alaikum salam. siip


erliana
(22/07/18 pukul 14:48:18)

thanks ttg jawabannya...😇


nugnug
(26/09/18 pukul 11:00:01)

yw



open your eyes, you will see nothing
open your mind, you will be confused
open your hearth, you will see


Pengunjung:
1 4 9 6 5 5
www.lagonlon.com