www.lagonlon.com

Artikel
member ...

Atom, Unsur, Molekul dan Senyawa



Meskipun tampak sepele, kita sering dibuat rancu saat bertemu dengan istilah atom, unsur, molekul, senyawa, dan ion.
Apa sih bedanya?
Mari kita pelajari bersama-sama.


Atom = Unsur

Istilah atom memiliki arti yang sama dengan unsur, yaitu bagian terkecil dari suatu zat.
Contoh unsur/atom adalah hidrogen (H), karbon (C), oksigen (O), dan lain-lain.

Lalu, dimana letak perbedaannya?
Perbedaannya terletak pada penggunaannya dalam kalimat.
Atom merupakan kata benda konkrit, sedangkan unsur merupakan kata benda yang merujuk sifat.


Mari kita lihat gambar berikut:

H2O

Pada gambar di atas:

Terdapat dua jenis unsur, yaitu hidrogen (H) dan oksigen (O).

Terdapat tiga buah atom, yaitu dua atom hidrogen (H) dan satu atom oksigen (O).


Jadi, kita dapat membuat pertanyaan (Q) dan jawaban (A) sebagai berikut:
 
1.Q:Ada berapa jenis unsur yang ada di alam saat ini?
A:Saat ini kita mengenal ada 118 jenis unsur (tertera dalam Tabel Periodik)
 
2.Q:Ada berapa atom yang ada di alam saat ini?
A:Banyaaaakkk sekaliiii (tak terhingga)

Semoga sudah jelas perbedaan penggunaan istilah atom dan unsur.


Molekul = Senyawa

Molekul (molecule) memiliki arti yang sama dengan senyawa (compound), yaitu gabungan dari beberapa unsur/atom yang saling berikatan.
Contoh senyawa/molekul yang ada di alam antara lain:
  • air (H2O)
  • karbon dioksida (CO2)
  • karbon monoksida (CO)
  • dan lain-lain

Lalu, apa beda senyawa dan molekul?
Perbedaannya dapat dirincikan sebagai berikut:

  • Molekul
    • Molekul termasuk kata benda konkret
    • Molekul = gabungan dari dua atom atau lebih yang saling berikatan

  • Senyawa
    • Senyawa merupakan kata benda yang merujuk sifat.
    • Senyawa = gabungan dari dua jenis unsur atau lebih yang saling berikatan


Mari kita lihat gambar berikut:

H2O CO2
 
H2O

Pada gambar di atas:

Terdapat dua jenis senyawa, yaitu H2O dan CO2.

Terdapat tiga buah molekul, yaitu dua molekul H2O dan satu molekul CO2.


Kita dapat pula membuat pertanyaan (Q) dan jawaban (A) sebagai berikut:
 
1.Q:Ada berapa jenis senyawa yang ada di alam saat ini?
A:Saat ini kita mengenal sekitar 350.000 jenis senyawa
 
2.Q:Ada berapa molekul yang ada di alam saat ini?
A:Banyaaaakkk sekaliiii (tak terhingga)


Suatu gambaran:
Dalam satu gelas minum yang berisi air murni dengan volume 330 mL:
  • Terdapat satu (1) jenis senyawa, yaitu air (H2O)
  • Terdapat (hanya perkiraan):
    11.036.666.666.666.666.666.666.667 butir molekul H2O


Molekul Unsur dan Molekul Senyawa

Meskipun secara arti kata molekul memiliki arti yang sama dengan senyawa, yaitu sebagai suatu gabungan, namun bila ditinjau dari zatnya, belum tentu semua molekul adalah senyawa.
Sehingga kita mengenal ada istilah molekul unsur dan molekul senyawa
Untuk lebih jelasnya mari kita lihat contoh molekul-molekul berikut.


Molekul Senyawa:

H2O

H2O dapat dikatakan sebagai molekul dan juga senyawa.

H2O merupakan molekul karena:
Merupakan gabungan dua atom atau lebih
(ada 3 atom dalam molekulnya)

H2O merupakan senyawa karena:
Merupakan gabungan dua jenis unsur atau lebih
(ada 2 jenis unsur, yaitu Hidrogen dan Oksigen)





Molekul Unsur:

H2

H2 dapat dikatakan sebagai molekul,
tetapi tidak bisa disebut sebagai senyawa.

H2 merupakan molekul karena:
Merupakan gabungan dua atom atau lebih
(ada 2 atom dalam molekulnya)

H2 bukan suatu senyawa karena:
Bukan gabungan dua jenis unsur atau lebih
(hanya ada 1 jenis unsur, yaitu Hidrogen)




Ion

Secara singkat ion adalah segala zat yang bermuatan listrik (bisa positif atau negatif). Muatan ini terjadi akibat adanya pelepasan atau penangkapan elektron. Ion bermuatan positif disebut kation, sedangkan yang bermuatan negatif disebut anion.
Suatu ion dapat berupa atom tunggal yang bermuatan, dan bisa juga berupa molekul yang bermuatan.

Contoh beberapa ion:
KationAnion
Na+
Mg2+
Al3+
NH4+
Cl-
O2-
N3-
SO42-





Tuliskan pesan/komentar baru





#60

Medjaya
(08/08/22 pukul 12:46:10)

Bagus banget analisanya






#59

Kepoyaa
(02/08/22 pukul 14:26:00)

Iya sayangkuh






#58

Bayu
(01/08/22 pukul 12:59:43)

Hay sayangku muach muach






#57

Nita
(28/06/22 pukul 20:43:53)

Terima kasih






#56

Leonito Pereira
(22/06/22 pukul 17:29:02)

Terima kasih semuanya






#55

F******a
(12/05/22 pukul 18:57:37)

Baru paham nih min.. Cari" di internet buat nambah informasi untuk osn bentar lagi hehe






#54

Kris
(26/04/22 pukul 15:58:46)

Akhirnya paham. hehe Terima kasih :D






#53

Hyphenyox
(23/04/22 pukul 14:06:25)

Anjayyyy






#52

Ratna Sari
(28/03/22 pukul 00:40:26)

Jadi paham antara bedanya atom dan unsur, begitu juga senyawa dan molekul, terimakasih 🙏


nugnug
(08/04/22 pukul 22:54:18)

sama-sama, senang bisa membantu






#51

firA
(15/03/22 pukul 11:27:58)

Kan atom dan unsur itu sama (kepikir sendiri), jadi aku cari di google perbedaanya. Aku menemukan ini. Keren 👍






#50

Anonymous
(09/09/21 pukul 22:02:34)

Thanks!


nugnug
(13/09/21 pukul 08:29:56)

yw






#49

Tazkia
(30/08/21 pukul 10:26:53)

Penjelasan sangat mudah dipahami, mkasih


nugnug
(30/08/21 pukul 10:33:07)

sama sama






#48

Lidya
(19/07/21 pukul 21:30:04)

Apakah ada persamaan istilah dan arti antara atom, unsur, molekul, dan senyawa,jika ada silahkan kelompokkan dan beri alasannya juga


nugnug
(30/08/21 pukul 20:49:42)

Sudah saya coba






#47

ayu
(09/07/21 pukul 11:59:42)

hai juga sih klo bantu mamak bikin kue






#46

Evi
(10/06/21 pukul 08:59:16)

Makasih. Penjelasannya sangat mudah dipahami.


nugnug
(18/07/21 pukul 16:44:58)

sama-sama






#45

Hikmah
(22/05/21 pukul 17:00:20)

terimakasih,sangat bermanfaat kak..


nugnug
(23/05/21 pukul 12:16:33)

sama sama






#44

SHELVI
(13/04/21 pukul 12:02:26)

Makasih ilmunya sangat bermanfaat....🙏


nugnug
(22/04/21 pukul 21:36:44)

sama-sama






#43

Alisiya
(09/04/21 pukul 18:03:36)

Maksh ilmunya


nugnug
(22/04/21 pukul 21:37:02)

sama-sama






#42

Ryuk
(12/03/21 pukul 20:25:17)

Makasih ilmunya 🙏🙏🙏


nugnug
(08/04/21 pukul 08:03:27)

sama-sama






#41

Acel
(03/03/21 pukul 10:15:56)

Thanks


nugnug
(04/03/21 pukul 22:44:11)

yw






#40

Lia
(24/02/21 pukul 11:51:29)

Thanks🙏 Sangat bermanfaat..


nugnug
(01/03/21 pukul 18:00:19)

yw


#39

nailah
(11/02/21 pukul 12:17:06)

untuk molekul ada dua bukan pak? selain molekul senyawa (biasa disebut senyawa) ada juga molekul unsur?


nugnug
(15/02/21 pukul 14:40:40)

iya bisa.
unsur sama bergabung (dua atom atau lebih), sudah bisa disebut molekul

sepertinya gak perlu istilah khusus molekul unsur dan molekul senyawa

Kita sebut saja langsung:
molekul O2
molekul S8
molekul H2O


nugnug
(01/03/21 pukul 18:39:51)

Maaf,
terima kasih masukannya
sepertinya perlu juga disajikan pengertian molekul unsur dan molekul senyawa


#38

Abu Rizmi
(18/12/20 pukul 22:52:20)

Bagus, jelas uraiannya.


nugnug
(09/02/21 pukul 13:09:44)

terima kasih ...


#37

tresna
(02/12/20 pukul 14:05:09)

terima kasih atas ilmunya, sangat bermanfaat. tapi dalam berbahasa, setiap berjalanya waktu selalu ada kata baru yang muncul, untuk seluruh bahasa yang ada didunia karena perkembangan zaman.


tresna
(02/12/20 pukul 14:05:19)

baik setiap kata itu berarti sama/berbeda dari kata yang sebelumnya. jadi ini hal lumrah yang sering terjadi di seluruh dunia.


nugnug
(29/01/21 pukul 15:54:37)

sama-sama, terima kasih juga masukannya


#36

Fitri
(01/12/20 pukul 22:50:28)

Berapa atom pada senyawanya 5MgCI4 Angka 4 nya harus kecil namin saya tulis besar.


nugnug
(29/01/21 pukul 15:34:51)


5 MgCI4

Jumlah atom = 30, yaitu:

5 atom magnesium (Mg),
5 atom karbon (C),
20 atom iodium (I)


#35

FatNeg(yknowit)
(11/11/20 pukul 11:23:35)

na ini, dammit thanks for the explaining


nugnug
(11/02/21 pukul 01:06:49)

yw


#34

Arra
(08/11/20 pukul 21:26:31)

Aku ga paham bagian bhs Inggris nya hbngannya dari mana?


nugnug
(06/05/21 pukul 23:10:50)

maksudnya, secara arti kata, unsur dan atom merujuk pada hal yang sama (oksigen, karbon, dll). Senyawa dan molekul juga merujuk pada hal yang sama (H2O, CH4, dll)


#33

Naeli
(01/11/20 pukul 21:03:53)

Terimakasih🙏


nugnug
(13/11/20 pukul 14:02:51)

sama sama


#32

Restu aji
(22/10/20 pukul 10:17:39)

HCI Termasuk dalam P4 Termasuk dalam Mg Termasuk dalam O2 Termasuk dalam C Termasuk dalam Ca(OH)2 Termasuk dalam


#31

Ana
(19/10/20 pukul 20:21:16)

terimakasih


nugnug
(28/10/20 pukul 18:06:32)

sama-sama


#30

Andre
(17/10/20 pukul 19:41:29)

Aku cinta kamu😷😌


#29

Ahyardin Ir
(12/10/20 pukul 01:08:31)

Ekstra ORDINARY


#28

Ahyardin
(12/10/20 pukul 01:07:48)

Good thanks, ekstra ordinary


nugnug
(18/02/21 pukul 23:12:03)

yw


#27

Delvia
(04/10/20 pukul 05:08:05)

Terimakasih


nugnug
(04/10/20 pukul 11:09:47)

sama-sama


#26

Ainasya
(27/09/20 pukul 19:28:22)

Thanks


nugnug
(03/10/20 pukul 15:35:03)

yw


#25

Refli
(17/09/20 pukul 05:48:24)

Makasih ya kak


nugnug
(02/10/20 pukul 09:45:07)

sama-sama


#24

Zhalsabila
(31/08/20 pukul 13:59:09)

Mkasih yah Kak Nilai aku bgus bget 💜


nugnug
(05/09/20 pukul 21:56:52)

sama-sama


#23

Anis
(15/08/20 pukul 08:56:01)

makasih kaka sangat membantu😊


nugnug
(18/08/20 pukul 16:07:17)

sama-sama


#22

Lyana
(13/08/20 pukul 14:33:11)

Makasih ya kk


nugnug
(13/08/20 pukul 18:24:11)

sama-sama


#21

nurul habibah
(06/08/20 pukul 08:21:00)

makasih kak,, sangat membantu 😊 dulu selalu bingung kalau ditanya apa beda atom, unsur, senyawa molekul


nugnug
(07/08/20 pukul 17:44:14)

sama-sama


#20

Amsl
(30/07/20 pukul 14:20:52)

Mantap auto subscribe


nugnug
(04/08/20 pukul 23:24:20)

siip


#19

DIKI CANDRA
(26/07/20 pukul 21:49:21)

TERIMAKASIH SAYA SANGAT TERBANTU🤗


nugnug
(28/07/20 pukul 19:38:50)

sama-sama


#18

Nita yulianti
(22/07/20 pukul 20:05:24)

Terimaksih penjelasnya saya jadi cepet mengerti dan bahasnya santai gitu jadi enak di baca dan dipandang


nugnug
(23/07/20 pukul 18:49:06)

sama-sama


#17

Aatik
(08/03/20 pukul 10:45:18)

Terimakasih


nugnug
(11/03/20 pukul 19:03:26)

sama-sama


#16

Genio
(06/03/20 pukul 10:06:00)

Terimakasih saya jadi mengerti


nugnug
(07/03/20 pukul 03:53:01)

sama-sama


#15

Rivaldi
(26/02/20 pukul 20:33:00)

TERIMA KASIH SAYA JADI CEPAT


nugnug
(07/03/20 pukul 03:57:44)

ok


#14

Resti
(13/02/20 pukul 14:45:15)

Makasih ya


nugnug
(14/02/20 pukul 18:37:39)

sama-sama


#13

Xsilence 3
(05/12/19 pukul 06:38:46)

TERIMA KASIH SAYA JADI LEBIH CEPAT MENGERTI DARI PADA BACA DI ARTIKEL LAIN SAMA DI BUKU


nugnug
(11/12/19 pukul 18:33:02)

siip


#12

Sandra
(01/12/19 pukul 20:07:33)

Bahasanya enak, santai jadi ngerti hehehe 😁


nugnug
(11/12/19 pukul 18:37:24)

siip


#11

Xsilence
(23/11/19 pukul 12:15:14)

Perbedaan kata aku dan saya apa ya?


Xsilence 2
(05/12/19 pukul 06:33:52)

Perbedaannya adalah kata saya pelafalannya lebih halus daripada kata aku


#10

Meya
(29/10/19 pukul 01:07:13)

Aku tau aku imut. Makasih!


EnterName
(21/11/19 pukul 10:16:10)

MANTAP


#9

Anyaaa
(29/07/19 pukul 08:53:16)

Makasih banget buat penjelasannya,jd tmbh ngertiii


nugnug
(03/08/19 pukul 16:07:29)

sama-sama


#8

Aziz
(27/07/19 pukul 17:22:14)

Penjelasan anda salah, Kation bermuatan Negatif dan Anion bermuatan Positif.


nugnug
(03/08/19 pukul 16:02:46)

kation = ion positif (+)
anion= ion negatif (-)
bisa di cek disini https://id.wikipedia.org/wiki/Ion


#7

Aska
(31/05/19 pukul 16:32:37)

Pengertian aton dan unsur


nugnug
(08/06/19 pukul 05:01:23)

Pengertian/definisi

  • Upaya menjelaskan/mendefinisikan sesuatu dalam suatu kalimat.
  • Biasanya memiliki banyak versi
  • Sering kali kita lebih mudah memahami sesuatu tanpa pengertian yang definitif.
    Sebagai misal, kita bisa membedakan sepatu dan kaus kaki. Tapi akan menjadi panjang jika kita membahas pengertian sepatu dan kaus kaki


Susila
(30/06/19 pukul 00:45:24)

Penjelasan yang sangat tepat. Terimakasih


nugnug
(12/07/19 pukul 21:55:37)

sama-sama


#6

Hanif
(14/03/19 pukul 15:19:31)

Sangat jelas pembahasannya


nugnug
(14/05/19 pukul 22:34:08)

trims


#5

Indra Reviandi
(12/11/18 pukul 09:44:36)

Los


#4

Zhofira
(26/08/18 pukul 20:19:36)

Terimakasih sangat membantu


nugnug
(26/09/18 pukul 11:30:20)

sama sama


#3

jaharja
(26/11/16 pukul 00:45:17)

kok bisa suka ama kimia pak?


nugnug
(27/11/16 pukul 06:48:55)

takdir


#2

Nurul Fauzia
(13/02/16 pukul 22:59:46)

terimah kasih yh, bnyk bnget referensi yg membatu sy bljr☺


nugnug
(14/02/16 pukul 00:06:29)

sama sama.


#1

Rozin fata ulwan
(05/01/16 pukul 22:02:14)

wah..blog ini sangat membantu..... tapi mohon dilengkapi lagi ya....ch2nya.... :)


nugnug
(07/01/16 pukul 10:12:53)

Dalam proses...



open your eyes, you will see nothing
open your mind, you will be confused
open your hearth, you will see


www.lagonlon.com